Soal Pemerataan Distribusi Avtur, Peran Negara Dinilai Krusial

Pengisian avtur di pesawat
Sumber :
  • Pertamina

Jakarta – Pemerintah didorong untuk tetap terlibat dalam penyediaan bahan bakar pesawat atau avtur sehingga bisa memastikan ongkos transportasi bisa terjangkau bagi masyarakat. Apalagi, mobilitas masyarakat diproyeksi semakin tinggi seiring dengan makin menggeliatnya perekonomian nasinoal. Hal ini memberikan dampak pada sektor transportasi tidak terkecuali transportasi udara. 

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Menurut Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro, keterlibatan pemerintah adalah hal yang sangat wajar dan justru wajib. Jika melihat kondisi geografis Indonesia berupa negara kepulauan, maka tentu banyak lokasi bandara yang terletak di pulau-pulau dan tidak mudah dalam mengaksesnya. Pada dasarnya, lanjutnya, hal tersebut menjadi tanggungjawab pemerintah. 

"Akan tetapi jika ada pihak lain (BUMN/Swasta) yang telah terlibat alangkah baiknya jika pemerintah menjadi mitra dan sekaligus fasilitator," ungkap Komaidi dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa, 14 November 2023.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Layanan Avtur Bandara BIJB Kertajati

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Menurut Komaidi, negara perlu memberikan perhatian kepada badan usaha terutama terkait penyediaan avtur di bandara-bandara perintis. Terlebih lagi pada bandara di lokasi 3T umumnya pangsa pasar masih belum memenuhi aspek keekonomian bisnis.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Sejauh ini, komaidi melanjutkan, distribusi penyediaan avtur sudah berjalan baik. Indikator yang dapat dilihat adalah relatif tidak terdapat permasalahan terkait keberlanjutan pasokan avtur yang dikeluhkan oleh maskapai yang beroperasi di Indonesia. 

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carriers Association / INACA), Denon Prawiraatmadja mengungkapkan keandalan penyediaan pasokan avtur di Indonesia disiapkan dalam waktu singkat.

"Dalam menyiapkan persediaan avtur ke depan, tidak bisa direncanakan ‘Tanpa Konsep Perencanaan Pertumbuhan’ Industri penerbangan 10 tahun ke depan atau lebih," jelas Denon.

Jika membicarakan perencanaan, ia menjelaskan, harus dipikirkan juga jenis bahan bakarnya. Ke depan lingkungan akan menjadi fokus. Sektor transportasi udara juga menghadapi tuntutan untuk menurunkan emisi sehingga jenis bahan bakar juga akan menjadi kunci dalam memastikan keandalan pasokan bahan bakar pesawat.

Pertamina belum lama ini baru meluncurkan produk bahan bakar pesawat terbaru yang ramah lingkungan yaitu Bioavtur Sustainability Aviation Fuel (SAF) J2.4. Bahan bakar ini diproduksi di Refinery Unit IV Cilacap. Menurut Denon, salah satu opsi penggunaan bahan baku untuk SAF adalah UCO (used coocking oil) atau tebu. "Ini akan meringankan beban biaya maskapai," ujar dia.

Denon menuturkan apabila dua isu tersebut bisa dikelola dan diatasi maka pendistribusian bahan bakar pesawat akan lebih optimal. Menurutnya setelah dua hal penyehatan pasokan avtur di atas, otomatis pendistibusiannya akan mudah di tata untuk dua dekade ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya