Masih Gratis, 2 Ruas Baru Tol Trans Sumatera Ini Mulai Beroperasi

Ilustrasi jalan tol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syaiful Arif

Jakarta – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengumumkan mulai beroperasinya 2 ruas baru pada Jalan Tol Trans Sumatera, tanpa berbayar alias gratis. Kedua ruas tersebut yakni Jalan Tol Indrapura-Lima Puluh (15,6 Km) dan Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura (28,5 Km).

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Para pengendara yang ingin melewati kedua ruas tol baru tersebut hanya diwajibkan untuk melakukan tapping kartu uang elektronik mereka saat di gerbang tol.

"Pengoperasian kedua Jalan Tol tersebut sudah bisa digunakan masyarakat dan belum bertarif, namun pengguna diwajibkan untuk melakukan tapping kartu uang elektronik di gerbang tol," sebagaimana dikutip dari laman resmi BPJT, Rabu, 15 November 2023.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Dalam informasi di laman resminya itu, BPJT menjelaskan bahwa beleid soal pengoperasian ruas tol Indrapura-Lima Puluh, berada di Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 1401/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi Indrapura-Lima Puluh.

Sementara aturan untuk pengoperasian ruas Tebing Tinggi-Indrapura berada dalam Kepmen PUPR Nomor 1518/KPTS/M/2023 tanggal 25 Oktober 2023. Isinya yakni tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Junction Indrapura dan seksi 2 Segmen Junction Indrapura-Simpang Susun Indrapura.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Ilustrasi jalan tol

Photo :
  • PUPR

BPJT memastikan, kedua ruas tol baru tersebut sebelumnya juga sudah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF), pada tanggal 22-25 Agustus 2023. Keduanya dinyatakan telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan dikeluarkannya Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Dimana SLO untuk Jalan Tol Indrapura-Lima Puluh dikeluarkan pada 8 September 2023, sedangkan SLO bagi Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura dikeluarkan pada 19 September 2023.

Diketahui, sebagai bagian dari Seksi 1 Jalan Tol Indrapura-Kisaran, Jalan Tol Indrapura-Lima Puluh nantinya akan menghubungkan masyarakat, terutama dari wilayah Medan menuju Kisaran dan sekitarnya. Keunggulannya yakni dengan mempercepat waktu tempuh, yang biasanya sekitar 4 jam menjadi hanya 2 jam saja.

Jalan Tol. Foto ilustrasi.

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Sementara Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura, yang merupakan bagian dari Seksi 1 Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat), nantinya juga akan mendukung akses dari Medan ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba. Keunggulannya yakni mempercepat waktu tempuh, dari yang awalnya 3,5 jam perjalanan menjadi 1,5 jam perjalanan saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya