Segera Diputuskan, UMP Jambi Diperkirakan Naik Rp 94 Ribu di 2024

penetapan upah minimum (ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru

Jambi – Gubernur Jambi Al Haris dalam waktu dekat akan menandatangani draf keputusan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2024. UMP Jambi pada tahun depan diperkirakan naik 3,2 persen atau Rp 94 ribu dari Rp 2.943.121 menjadi Rp 3.037.121.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jambi, Sudirman mengatakan, draf keputusan tersebut diperkirakan akan disetujui oleh Gubernur.

"Kita masih menunggu Gubernur Jambi Al Haris untuk menandatangani Upah Minimum Provinsi tahun 2024 yang diperkirakan dalam waktu dekat sudah disetujui dan ditandatangani gubernur," katanya di Jambi seperti dikutip Antara, Senin, 20 November 2023.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Ditetapkan Sesuai Formula Upah

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Sudirman

Photo :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)
BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Kenaikan UMP Jambi 2024 menjadi Rp 3.037.121 tersebut berdasarkan hasil rapat antara Pemprov Jambi, Dewan Pengupahan, asosiasi pengusaha, buruh dan akademisi pada Kamis 16 November 2023 lalu di Kantor Dinas ketenagakerjaan Provinsi Jambi. Sama seperti tahun sebelumnya, pada tahun ini dalam menetapkan UMP Pemprov Jambi menerapkan formulasi Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 2023.

Sekda Provinsi Jambi Sudirman menuturkan bahwa hari ini surat penetapan UMP tersebut akan segera diserahkan kepada Gubernur Jambi Al Haris untuk ditandatangani dan setelah surat UMP tersebut ditandatangani Gubernur maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi segera melaporkan ke Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Ditanyakan mengenai apakah akan ada revisi terkait dengan kesepakatan tersebut, Sekda mengatakan tidak ada, karena itu sudah dimusyawarahkan bersama dewan pengupahan.

"Karena ini sudah dimusyawarahkan oleh Pemprov, Dewan Pengupahan, Asosiasi, kenaikan UMP tersebut dampak dari inflasi Jambi yang rendah coba inflasi tinggi pasti kenaikan UMP juga tinggi seperti tahun sebelumnya," kata Sudirman. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya