September-Desember 2023, Investasi Swasta Masuk ke IKN Capai Rp 45 Triliun

Groundbreaking Gedung Bank Indonesia di IKN Nusantara.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melaporkan, pada periode September sampai Desember 2023, investasi swasta yang masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mencapai sebesar Rp 45 triliun.

Terpopuler: Kesaksian Mengejutkan Kematian Satpam, Manajer Resto Hotman Paris Bawa Kabur Uang

Dia mengatakan, pembangunan infrastruktur dasar di IKN telah memberikan dampak positif dengan masuknya sejumlah investasi swasta. Antara lain yakni dengan pembangunan rumah sakit, hotel, kantor, area komersil dan ritel, serta pusat pengembangan olahraga.

"Berdasarkan laporan Otoritas IKN, besaran investasi swasta yang masuk dari bulan September hingga Desember 2023 adalah Rp 45 triliun," kata Basuki dalam telekonferensi di Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Senin, 20 November 2023.

Hadiri Digital and Intelligent APAC Congress 2024, Dave Laksono Bicara Infrastruktur Digital

Dia mengatakan, sejak bulan Oktober dan November 2023 ini, Presiden Jokowi telah melakukan groundbreaking untuk sejumlah investasi swasta. Antara lain yakni bagi tiga rumah sakit, hotel, kantor, area komersial dan ritel, serta training center untuk PSSI.

"Dan pada sekitar bulan Januari nanti juga akan dilakukan groundbreaking-groundbreaking lagi," ujar Basuki.

BTN Pastikan Dana Investasi Nasabah Tak Hilang, Ini Penjelasannya

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Ganjar Pranowo

Photo :
  • Instagram @gus_raharjo

Dia juga melaporkan perihal progres pembangunan fisik IKN, yang per November 2023 progresnya sudah mencapai 22,1 persen. Untuk batch 1 yakni antara tahun 2020 sampai Maret 2023, progresnya sudah mencapai 53,27 persen dengan anggaran Rp 24 triliun dan 40 paket pekerjaan.

"Termasuk kantor-kantor pemerintah, Kemenko, kemudian kantor Presiden, jalan tol, dan lain sebagainya, itu 53,2 persen," kata Basuki.

Kemudian untuk batch 2, yakni setelah Maret 2023, progresnya sudah menyentuh 1,2 persen. Dimana, terdapat 45 paket pekerjaan dengan total pagu anggaran mencapai Rp 36,46 triliun.

Pembangunan IKN Nusantara

Photo :
  • Dok. PUPR

"Proyek-proyeknya antara lain mencakup instalasi pengolahan air limbah (IPAL), infrastruktur air minum, dan lain sebagainya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya