Investor Asing dari 3 Negara Ini Bakal Bangun 90 Tower Rusun di IKN

Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) mengungkapkan, terdapat tiga investor asing yang siap menanamkan modalnya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dari ketiga investor itu dua berasal dari Malaysia, dan satu asal China.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Deputi Bidang Pembiayaan dan Investasi IKN, Agung Wicaksono mengatakan, ketiga investor itu akan berinvestasi melalui skema kerja sama antara pemerintah dan badan usaha.

"Dengan skema KPBU atau dikenalnya sebagai PPP (Public Private Partnership) secara unsolicited total itu tadinya ada 10, sekarang menjadi 9 pemrakarsa. Dan dari 9 pemrakarsa tiga di antaranya adalah asing, dua dari Malaysia dan satu dari Tiongkok," kata Agung dalam media briefing Senin, 20 November 2023.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Agung menjelaskan, untuk tiga investor asing itu akan membangun rusun. Berdasarkan data paparannya sebanyak 90 rusun akan dibangun di IKN.

Upacara peringatan HUT RI ke-78 di IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kaltim

Photo :
  • Youtuber Otorita IKN
Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Investor asal China bernama Citic Construction akan membangun sebanyak 60 tower untuk Kementerian Pertahanan dan Keamanan.

Sedangkan dari Malaysia yakni IJM Corporation Berhad direncanakan akan membangun 20 tower hunian para Aparatur Sipil Negara (ASN) di IKN. Kemudian Maxim juga akan membangun 10 tower hunian ASN.

Desain Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP Ibu Kota Negara Nusantara

Photo :
  • ANTARA/HO-Kementerian PUPR.

"Jadi ini adalah menunjukkan bahwa investor asing juga sudah masuk di sektor hunian. Bahkan sebagian dari mereka sudah menyelesaikan studi kelayakan, tinggal tahapan kesepakatan," terangnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya