BRI Bidik Nilai Transaksi Rp 1,24 Triliun di UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2023

Direktur Utama BRI, Sunarso di konferensi pers UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2023.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso menargetkan nilai transaksi di acara UMKM Expo(RT) Brilianpreneur bisa mencapai hingga US$80 juta, atau sekitar Rp 1,24 triliun (asumsi kurs Rp 15.500 per US$).

Arif Budimanta Sebut UU Cipta Kerja Beri Banyak Manfaat kepada Pelaku UMKM

Hal itu diutarakannya dalam konferensi pers BRI UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2023, dengan tema 'Crafting Global Connection'. Dimana acara tersebut bakal digelar pada tanggal 7-10 Desember 2023, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Sunarso menjelaskan, target nilai transaksi di Program UMKM Expo(RT) Brilianpreneur itu memang terus naik dari tahun ke tahun, hingga penyelenggaraannya di tahun kelima ini. Nilai ideal melalui forum business matching itu awalnya hanya sebesar US$ 33,5 juta. Kemudian naik di tahun 2020 menjadi US$ 57,5 juta, dan di tahun 2021 naik lagi hingga US$72,1 juta.

Genjot Pengembangan Ekonomi Syariah, Bank Jago Kasih Buktinya

"Ini menarik, karena waktu itu (penyelenggaraannya secara) virtual. Tahun 2022 lalu itu sebesar US$76,7 juta, dan sekarang kita targetkan US$80 juta," kata Sunarso dalam konferensi pers di Menara BRI, Jakarta, Rabu, 22 November 2023.

BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023

Photo :
  • BRI
BRI & Exquisite’s Berikan Penghargaan pada Restoran Terbaik 2024 di Indonesia

Dia menjelaskan, pada gelaran BRI UMKM Expo(RT) Brilianpreneur sebelumnya, para pelaku UMKM kala itu berpeluang menjajaki kerja sama dengan para calon pembeli (buyer) dari berbagai negara. Hal itu dilakukan melalui virtual business matching. Pada gelaran tahun ini, rangkaian acara virtual business matching itu bakal digelar pada 27-29 November 2023.

Sunarso menegaskan, sejumlah pasar potensial dari beberapa negara pun menjadi target pada virtual business matching kali ini. Misalnya seperti Jepang, Hong Kong, UEA, Taiwan, Malaysia, Korea Selatan, AS, Meksiko, Kanada, Belanda, Italia, Australia, dan Selandia Baru.

Dia berharap, ke depannya para pelaku UMKM bisa terus mendapatkan kesempatan ekspor dan berpenetrasi di pasar internasional. Terlebih, Sunarso menekankan bahwa UMKM merupakan tulang punggung bagi perekonomian Indonesia.

"BRI melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain," ujarnya.

Diketahui, pada penyelenggaraan UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2023 ini, tercatat sudah ada sebanyak 3.183 UMKM yang mendaftar via website brilianpreneur.com. Nantinya, para UMKM yang sudah mendaftar itu akan menjalani kurasi, hingga terpilih 500 pelaku UMKM yang bakal dihadirkan pada showcase di JCC Senayan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya