Sri Mulyani Beberkan Manfaat Lelang Bagi UMKM dan Pengelolaan Aset Negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Jakarta –  Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, karena proses lelang bisa mendongkrak potensi nilai dari sebuah barang, maka hal itu merupakan salah satu instrumen yang mampu menggerakkan perekonomian.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Terlebih, Sri Mulyani menegaskan bahwa instrumen dan infrastruktur lelang yang ada di Indonesia saat ini, sudah dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang lebih luas seperti misalnya untuk akses pemasaran UMKM.

"Sehingga nantinya pemasaran para UMKM tidak terbatas hanya di daerahnya saja, atau melalui platform digital. Tapi juga bisa melalui lelang, yang manfaatnya ternyata sangat-sangat positif," kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu, 22 November 2023.

Rubicon Mario Dandy Gak Laku Dilelang, Harganya Diturunkan

Di sisi lain, instrumen dan mekanisme lelang juga dapat dimanfaatkan oleh pemerintah, untuk memulihkan hak keuangan negara. Khususnya yang berasal dari penegakan hukum, aparat penegak hukum, dan institusi penegak hukum seperti KPK dan Kejaksaan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya
Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

"KPK dan Kejaksaan pada saat mereka mendapatkan rampasan dari aset yang milik negara, maka kemudian perlu untuk dilakukan lelang dalam hal ini sitaan aset," ujar Menkeu.

Di area itulah, Sri Mulyani menekankan perlunya kerja sama dengan pihak aparat dan industri serta penegak hukum. Supaya proses penanganan aset rampasan dan pelelangannya bisa lebih efisien. "Sehingga kualitas aset tidak memburuk," kata Sri Mulyani.

Ilustrasi UMKM.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Kemudian, lanjut menkeu, mekanisme lelang jga bisa menjadi instrumen penting bagi perbankan, terutama dalam melakukan penyelesaian Non-Performing Loan (NPL). Karenanya, Bendahara Negara itu memastikan bahwa peranan dan pelibatan para pihak swasta di dalam layanan lelang, tentunnya juga sangat penting.

"Karena tidak seharusnya lelang hanya didominasi oleh pemerintah saja. Maka, kami juga berupaya untuk meningkatkan peranan swasta yang kredibel, yang dalam hal ini seperti Balai Lelang," kata Sri Mulyani.

"Pelaksanaan lelang swasta pun menjadi sangat penting, untuk memiliki para pejabat lelang yang kredibel dan besertifikat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya