Transaksi Lelang Negara Sentuh hingga Oktober Rp 33,1 Triliun, Tembus Target 2023

Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
Sumber :
  • VIVA/Andry Daud

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan melaporkan sampai bulan Oktober 2023, transaksi lelang negara telah mencapai Rp 33,1 triliun. Capaian itu berarti telah melampaui target di 2023, yang dipatok sebesar Rp 33 triliun.

Kata Demokrat Penambahan Kementerian Agar Rakyat Bisa Lebih Diurus

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu, Rionald Silaban mengatakan, nilai pokok lelang itu juga telah berkontribusi terhadap penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp 682 miliar.

"Kinerja lelang sampai Oktober 2023 telah mencapai Rp 682 miliar untuk PNBP bea lelang. Sementara untuk pokok lelangnya telah mencapai Rp 33,1 triliun," kata Rio di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu, 22 November 2023.

Profesor Ilmu Politik Sayangkan jika Sri Mulyani Jadi Calon Kepala Daerah

Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Meski demikian, Rio menekankan bahwa peningkatan kinerja lelang ini harus diimbangi dengan perbaikan layanan. Karenanya, DJKN Kemenkeu pun diakuinya tengah menggeber upaya rekayasa ulang (re-engineering) portal lelang Indonesia atau lelang.go.id.

Menohok! Balasan Petinggi Gerindra ke Ganjar soal Politik Akomodasi: Apakah Salah?

"Platform digital ini merupakan bagian transformasi pelayanan digital, untuk mewujudkan lelang yang mudah, objektif, dan aman digunakan oleh semua kalangan masyarakat," ujar Rio.

Dia mengatakan, upaya peningkatan dan perbaikan layanan lelang itu adalah hasil kerja keras dan kolaborasi semua pihak. Antara lain yakni kolaborasi DJKN bersama semua stakeholder lelang, seperti pemohon lelang, penyelenggara lelang, dan pejabat lelang kelas II.

Gedung Kementerian Keuangan.

Photo :
  • Arrijal Rachman/VIVAnews.com

"Kemenkeu selaku pengelola barang berkomitmen untuk terus bertransformasi menuju aset manajer yang paripurna, melayani dengan baik," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, karena proses lelang bisa mendongkrak potensi nilai dari sebuah barang, maka hal itu merupakan salah satu instrumen yang mampu menggerakkan perekonomian.

Terlebih, Sri Mulyani menegaskan bahwa instrumen dan infrastruktur lelang yang ada di Indonesia saat ini, sudah dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang lebih luas seperti misalnya untuk akses pemasaran UMKM.

"Sehingga nantinya pemasaran para UMKM tidak terbatas hanya di daerahnya saja, atau melalui platform digital. Tapi juga bisa melalui lelang, yang manfaatnya ternyata sangat-sangat positif," kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu, 22 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya