Resmikan Bandara di Fakfak dan Nabire, Jokowi: Papua Sekarang Makin Berkembang

Presiden Jokowi menekan tombol sirine tanda diresmikannya operasional Bandara Siboru Fakfak, Papua Barat dan Bandara Douw Aturure Nabire, Papua Tengah, bertempat di Bandara Siboru Fakfak.
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua bandara di Provinsi Papua Barat dan Papua Tengah, yakni Bandara Siboru di Fakfak, dan Bandara Douw Aturure di Nabire pada Kamis, 23 November 2023.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

“Alhamdulillah, hari ini kita resmikan pengoperasian Bandara Siboru di Fakfak dan Bandara Douw Aturure di Nabire,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Menurut dia, akses di Papua ini memang tidak mudah karena masih banyak daerah-daerah yang sulit dijangkau. Bahkan, kata dia, memakan waktu yang berjam-jam hingga berhari-hari untuk bisa sampai ke daerah tersebut.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

“Kita tahu akses di Papua ini tidak mudah, akses di tanah Papua tidak mudah. Masih banyak daerah-daerah yang sulit dijangkau, aksesnya sulit perlu waktu berjam-jam, bahkan ada yang sampai berhari-hari untuk sampai ke suatu daerah,” ujarnya.

Presiden Jokowi

Photo :
  • Setpres
Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Akan tetapi, Jokowi menyebut Papua saat ini semakin berkembang dan pembangunan pun sudah banyak, termasuk kegiatan ekonomi juga semakin meningkat. “Sehingga, dibutuhkan fasilitas dan sarana transportasi yang lebih baik,” jelas dia.

Oleh karenanya, Jokowi mengatakan Bandara Siboru dan Bandara Douw Aturure ini akan meningkatkan konektivitas di Papua, meningkatkan mobilitas orang, meningkatkan mobilitas barang, dan membuka banyak peluang untuk memicu tumbuhnya ekonomi ekonomi baru, usaha-usaha baru.

Menurutnya, Bandara Siboru ini akan menjadi jembatan udara di wilayah Papua Barat menghubungkan Fakfak dengan daerah-daerah yang lain Fakfak ke Sorong, Timika, Kaimana, Amahai, Dobo, Bintuni dan lain-lainnya.

“Bandara Douw Aturure yang berada di Provinsi Papua Tengah juga akan menghubungkan Nabire dengan beberapa kota di Papua seperti Timika, Manokwari, dan Jayapura,” ungkapnya.

Dengan demikian, Jokowi meminta Pemerintah Daerah bisa memanfaatkan bandara ini sebaik-baiknya, memanfaatkan akses yang semakin terbuka untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di daerah Papua ini, memperkenalkan destinasi-destinasi wisata yang ada dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bumi Cenderawasih.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada hari ini saya resmikan bandara udara di Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat, dan Bandar Udara Douw Aturere di Kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah,” tutupnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya