BSI Terbitkan Deposito Wakaf, Begini Skemanya

Bank Syariah Indonesia (BSI).
Sumber :
  • Antara

Jakarta – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menerbitkan BSI Deposito Wakaf pada hari ini. Instrumen keuangan syariah itu merupakan pengembangan dari konsep Cash Waqf Linked Deposit (CWLD).

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna memastikan bahwa imbal hasil wakaf dapat disalurkan dengan tepat sasaran dan berkelanjutan. Penerbitan BSI Deposito Wakaf menjadi bukti nyata peran BSI sebagai bank syariah terbesar yang mengembang tanggung jawab untuk memberikan kemaslahatan kepada umat dan lingkungan.

 *BSI berperan sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) yang memfasilitasi para nazhir atau pengelola wakaf untuk menempatkan dana wakaf uang melalui bank syariah,” jelas Anton di Jakarta, Senin, 27 November 2023.

BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

Pegawai menghitung uang di Kantor Cabang Digital Bank Syariah Indonesia (BSI).

Photo :
  • Antara

Dia menjelaskan bahwa, dana pokok deposito yang ditempatkan nasabah atau wakif akan menjadi dana wakaf sementara, yang dikelola oleh nazhir melalui instrumen deposito syariah.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

“Imbal hasil dari pengelolaan wakaf uang ini kemudian disalurkan untuk proyek-proyek sosial yang nantinya akan terus bergulir kepada penerima manfaat atau mauquf 'alaih. Yang menarik, di akhir periode, dana wakaf ini kembali kepada nasabah/wakif,” papar Anton.

Pada tahap awal, BSI meluncurkan BSI Deposito Wakaf Seri 001 dengan spesifikasi penerima manfaat dari sektor pendidikan. BSI menargetkan dapat menghimpun DPK deposito wakaf senilai Rp100 miliar dari calon wakif potensial.

 Adapun data Badan Wakaf Indonesia (BWI) pada 2022 menyebutkan bahwa potensi wakaf uang di Indonesia mencapai Rp180 triliun, tetapi wakaf yang berhasil digali baru sekitar Rp2,3 triliun. “Artinya, potensi wakaf uang yang belum tergali masih sangat besar,” kata Anton.

Sebagai sahabat finansial, sahabat sosial dan sahabat spiritual, BSI bertujuan menjadikan zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF) sebagai instrumen yang dapat mengangkat kualitas kehidupan masyarakat, baik dari segi pendidikan, sosial, lingkungan, dan ekonomi.

Logo Bank Syariah Indonesia (BSI)

Photo :
  • Istimewa

“BSI Deposito Wakaf diharapkan menjadi salah satu produk yang mampu untuk memberikan kesejahteraan bagi umat,” katanya.

Adapun, sampai September 2023, total porsi deposito yang dihimpun di BSI mencapai Rp106 triliun atau sekitar 40 persen dari keseluruhan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) yang mencapai Rp262 triliun. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya