Rupiah Menguat ke Rp 15.545 per Dolar AS, Ini Pemicunya

Uang kertas rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Senin pagi, 27 November 2023. Rupiah menguat sebesar 20 poin atau 0,13 persen ke posisi Rp 15.545 per dolar AS.

Nilai Tukar Rupiah Melemah Bikin Harga Motor Yamaha Ikut Naik?

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau Jumat sore, mematok rupiah di angka Rp 15.587 per dolar AS.

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpeluang menguat pada hari ini. Hal itu dipicu oleh ekspektasi pemangkasan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS).

Cadangan Devisa RI Maret Turun Jadi US$136,2 Miliar Buat Bayar Utang dan Stabilisasi Rupiah

"Indeks dolar AS terlihat bergerak menurun di pembukaan perdagangan pagi ini, melanjutkan penurunan di akhir pekan lalu. Berkembangnya ekspektasi pemangkasan suku bunga acuan AS memberikan tekanan ke dolar AS," ujar Ariston kepada VIVA Bisnis, Senin, 27 November 2023.

Ilustrasi rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Rupiah Melemah Tertekan Fed Tunda Pangkas Suku Bunga hingga Konflik Timteng Memanas

Selain itu jelas Ariston, menurunnya data inflasi AS dan tidak solidnya data-data ekonomi AS lainnya membuka ekspektasi pemangkasan di kalangan pelaku pasar.

"Notulen rapat Bank Sentral AS pekan lalu juga tidak lagi terlalu hawkish, meskipun the Fed masih membuka peluang kenaikan suku bunga acuan bergantung dari data-data ekonomi terbaru," jelasnya.

Ariston melanjutkan, pada pekan ini beragam data ekonomi penting AS akan dirilis seperti data PDB, data indikator inflasi PCE Price Index dan data perumahan.

"Hasil data ini akan menggerakkan ekspektasi pasar mengenai kebijakan suku bunga acuan AS. Dolar AS akan bergerak mengikuti ekspektasi tersebut," terangnya.

Adapun potensi penguatan mata uang rupiah terhadap dolar AS ke kisaran Rp 15.500. Sedangkan potensi resisten di kisaran Rp 15.600.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya