Kata Apindo soal Boikot Pro Israel, Produk RI Terdampak hingga Ada PHK

Chair of B20 Indonesia Shinta Widjaja Kamdani.
Sumber :
  • Antara/Agung Rajasa.

Jakarta – Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta W Kamdani buka suara, mengenai seruan boikot produk Israel.  Sebab, dari seruan boikot itu turut berdampak terhadap produk Indonesia. 

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Shinta mengatakan, dari seruan boikot yang menyebutkan produk-produk yang terafiliasi dengan Israel adalah hoaks. Karena produk-produk yang ramai disebutkan merupakan produk buatan dari Indonesia.

"MUI sendiri jelas banget posisinya terhdap boikot produk-produk Israel, dia tidak pernah menyebutkan produk-produk apa. Ini sekarang ada keluar nama-nama brand yang sebenarnya tidak secara resmi seperti itu," ujar Shinta di Hotel Four Seasons, Jakarta, Selasa, 28 November 2023.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Aksi boikot produk pro zionis Israel di Mataram. (ilustrasi)

Photo :
  • Satria Zulfikar/VIVA.

"Malah lucunya produk-produk buatan Indonesia sendiri, yang ada kaitanya dengan produk besar. Padahal itu tidak ada kaitannya," sambungnya. 

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Shinta mengungkapkan, akibat adanya seruan boikot produk Israel maupun yang terafiliasi kini telah berdampak terhadap pengusaha. 

"Sekarang sudah berdampak baik pada penjualan, PHK, dan lain-lain. Makanya kita mau mencari data yang tepat supaya juga mengetahui masing-masing perusahaan ini benar mendungkung Israel atau enggak," jelasnya.

Seruan Boikot Israel

Photo :
  • Al Jazeera

Shinta mengatakan, terkait fatwa haram MUI terhadap produk pro Israel itu, pengusaha menghormati dan mendukung hal tersebut. Tetapi terangnya, pihaknya perlu meluruskan apakah produk-produk yang diserukan itu betul mendukung agresi Israel. 

"Jadi kebetulan mungkin ada miss information, kalau dari MUI kami menghormati putusan MUI, bahwa kita perlu tindakan pada Palestina. Kami mendukung jelas itu," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya