TikTok Shop DIkabarkan Gandeng Tokopedia Mau Jualan Lagi, Wamendag Wanti-wanti Ini

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan TikTok Shop dikabarkan telah menjalin komunikasi dengan beberapa perusahaan e-Commerce di Indonesia untuk kembali bisa berjualan. Salah satunya adalah Tokopedia.

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Merespons hal tersebut Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga membebaskan TikTok Shop untuk berkolaborasi dengan e-Commerce mana pun. Tapi ditegaskan harus sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku di Indonesia.

"Intinya kemarin itu dia belum patuh, dia belum punya izinnya. Sekarang mereka sedang urus. Kalau mereka sudah urus, mau kolaborasi, mau ngapain, yang penting sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku, silakan saja," katanya di acara Inabuyer EV Expo 2023, di Jakarta, dikutip Rabu, 29 November 2023.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

TikTok Shop akan gabung dengan Tokopedia.

Photo :
  • Istimewa

Jerry menjabarkan bahwa langkah tegas kepada TikTok Shop merupakan upaya pengaturan bahwa media sosial dan e-Commerce tidak bisa digabungkan fungsinya. Hal tersebut sebagaimana Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023.

Selain Narkoba, Ini Deretan Kontroversi Selebgram Chandrika Chika

Kemendag pun mempersilakan TikTok Shop untuk segera mengurus perizinan e-Commerce jika ingin kembali melakukan kegiatan jual beli secara elektronik.

"TikTok sekarang sedang berusaha memenuhi compliance (kepatuhan) dengan peraturan-peraturan yang berlaku. Kalau mereka sudah memenuhi, ya silakan saja selama dia menjalankan fungsinya dengan betul dan mematuhi peraturan-peraturan sesuai dengan Permendag 31 Tahun 2023," katanya pula.

E-commerce.

Photo :
  • Unsplash

Lebih lanjut Jerry juga mengatakan, rencana kolaborasi atau penggabungan dengan platform e-Commerce lain nantinya akan dibahas lebih teknis. Namun, ia mengingatkan, TikTok harus menciptakan kompetisi yang adil atau equal level of playing field.

"Dan tentunya ada keberpihakan kepada UMKM. Kenapa? Karena spirit dari semua ini adalah kita melindungi, memproteksi, dan ada afirmasi keberpihakan yang konkret kepada pelaku UMKM," tutupnya (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya