Lepas Jabatan Presdir, Ira Noviarti Kini Jual Seluruh Saham Unilever Indonesia

eks Presiden Direktur Unilever, Ira Noviarti
Sumber :
  • Instagram @iranoviarti

Jakarta – Mantan Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) Ira Noviarti memutuskan untuk menjual saham yang dimilikinya di perusahaan tersebut. Setelah pada sebelumnya pada 24 Oktober lalu dia mengajukan pengunduran diri.

IHSG Menguat Diiringi Kurs Rupiah yang Cenderung Membaik

Dikutip VIVA Bisnis dari Keterbukaan Informasi, Jumat 1 Desember 2023, Hal tersebut disampaikan Unilever melalui surat No 10/UNVR/XI/2023 yang disampaikan ke otoritas Bursa Efek Indoneisa. Informasi itu diberikan Dalam rangka memenuhi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 11/POJK.04/2017 tentang Laporan Kepemilikan atau Setiap Perubahan Kepemilikan saham Perusahaan Terbuka.

Dalam surat tersebut, Ira dijelaskan memiliki 870.000 lembar saham atau setara dengan 0,002 persen. Ira disampaikan menjual seluruh sahamnya tersebut.

OJK Sebut 16 Pinjol Belum Penuhi Modal Minimum Rp 2,5 Miliar

eks Presiden Direktur Unilever, Ira Noviarti

Photo :
  • Instagram @iranoviarti

Dijelaskan pula, harga penjualan per saham tersebut yaitu Rp3.650 per lembar saham. Artinya dalam transaksi tersebut Ira meraup sekitar Rp 3,17 miliar dan transaksi tersebut dilakukan pada 2 November lalu.

OJK dan LPS Cermati Efek Resesi Inggris-Jepang ke RI

Lebih lanjut, penjualan saham Unilever milik Ira itu disebutkan untuk kepentingan keluarga. Surat itu menjelaskan, Ira akan menggunakan hasil penjualan saham untuk keperluan pendiidikan  anaknya.

Seperti diketahui, Saat ini, Ira dikenal sebagai seorang wanita yang memiliki karier yang sangat cemerlang. Sebelum menjabat sebagai Presiden Direktur Unilever Indonesia, Ira ternyata telah bergabung dengan perusahaan tersebut sejak tahun 1995.

Ia telah meniti karir dan menduduki sejumlah posisi senior tidak hanya di Unilever Indonesia, tetapi juga di wilayah Asia Tenggara.

Awal kariernya di Unilever dimulai ketika Ira bergabung dengan perusahaan melalui management trainee divisi marketing UNVR pada tahun 1995 hingga 2001. Ia melanjutkan karier sebagai marketing director ice cream UNVR dari 2001 hingga 2006.

Ira kemudian menjadi marketing director skin care, posisi yang berhasil memberikan kontribusi besar pada keuntungan Unilever, dan menjabat dari 2006 hingga 2010.

Perjalanan karirnya semakin bersinar di Unilever, dan Ira naik menjadi vice president ice cream, media, dan consumer insight dari 2010 hingga 2014.

eks Presiden Direktur Unilever, Ira Noviarti

Photo :
  • Instagram @iranoviarti

Dari tahun 2014 hingga 2017, Ira menjabat sebagai Vice President South East Asia Unilever Food Solutions. Pada periode 2017 hingga 2020, Ira terpilih dan menjabat sebagai Vice President of Beauty & Personal Care.

Puncaknya, Ira Noviarti diangkat sebagai Presiden Direktur Unilever melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa sejak 25 November 2020.  Ira memegang posisi tersebut dari tahun 2020 hingga 2023 sebelum mengundurkan diri.

Selain itu, Ira juga pernah menjabat sebagai Chair B20 Indonesia Women in Business Action Council dan menjadi Board and Advisory member di BritCham Indonesia, serta sebagai Chairperson MMA Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya