Kurir Motor Tak Dipakai di IKN, Pengiriman Paket E-Commerce Pakai Drone

Drone.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

Jakarta – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan bahwa pengantaran paket kepada masyarakat merupakan bagian dari penerapan sistem logistik pintar di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Nantinya pengiriman paket itu akan menggunakan teknologi drone.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Direktur Transformasi Hijau OIKN Agus Gunawan menegaskan, pengiriman paket menggunakan drone berlaku di segala aspek. Termasuk pembelian barang melalui e-Commerce.

"Kalau sekarang mungkin di kota-kota marketplace, e-Commerce, atau pedagang daring menggunakan kurir motor dalam mengantarkan barang atau pesanan kepada konsumen. Namun nantinya di IKN dengan drone yang mengantarkan kiriman kepada kita," ujar Agus di Jakarta di Jakarta, Rabu, 6 Desember 2023.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Dia menjelaskan Selain drone, sistem logistik pintar juga menerapkan teknologi-teknologi lainnya. Seperti smart label, Sistem Internet of Things dalam logistik, Artificial Intelligence (AI) enhanced supply chain analytics, serta teknologi sistem tracking logistik (logistic tracking system).

Drone DJI Mini 3.

Photo :
  • Dok. Erajaya
Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Berdasarkan Peraturan Presiden No. 63/2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara, Ibu Kota Nusantara dapat membantu penerapan strategi logistik atau pengangkutan yang inovatif. Salah satunya menggalakkan solusi logistik yang ramah lingkungan dan mengadopsi teknologi baru yang mendukung inovasi pengiriman jarak jauh seperti drone, dan automatic vehicle (AV).

IKN juga akan menerapkan konsep strategi pengiriman barang/logistik bertujuan untuk menciptakan sistem logistik yang efisien dan berdampak minim terhadap lalu lintas kota serta meningkatkan keselamatan dari aspek transportasi.

Hal ini sejalan dengan strategi logistik masa depan dalam rangka mengelola pergerakan kargo dan barang di seluruh wilayah IKN dengan cara-cara yang mengurangi konflik dengan transportasi penumpang, meningkatkan pemanfaatan ruang, dan menghasilkan keuntungan komersial.

Rancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN Nusantara.

Photo :
  • Dok. PUPR

Sebagai informasi, prinsip dasar pengembangan Kawasan IKN memadukan tiga konsep perkotaan, yaitu IKN sebagai kota hutan (forest city), kota spons (sponge city), dan kota cerdas (smart city).

Konsep kota cerdas telah dipertimbangkan sebagai elemen menyeluruh dalam menegaskan pembangunan IKN sebagai Ibu Kota baru Indonesia yang dinamis, inklusif, didukung oleh masyarakat, serta siap menghadapi masa depan. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya