Meski Harga Naik, Bapanas Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Nataru

Kebutuhan Pangan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Jakarta - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi memastikan stok pangan strategis bagi masyarakat tercukupi dan aman menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Meskipun akan berdampak pada peningkatan harga pangan.

Daftar Harga Pangan 29 April 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Arief menyampaikan seperti itu usai menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka, Jakarta. Dia menuturkan Bapanas berfokus pada ketersediaan stok dan harga pangan menjelang Nataru tahun ini.

“Tadi Bapak Presiden Joko Widodo mengingatkan kita agar persiapan Nataru dilaksanakan sebaik mungkin. Meskipun ini rutinitas setiap tahun, tapi persiapan yang matang tetap ditekankan oleh beliau. Terkait pangan, Bapak Presiden menggarisbawahi pada kelancaran penyaluran pasokan dan distribusi bahan-bahan pokok serta stabilitas harga pangan di daerah,” kata Arief dalam keterangannya, Selasa, 12 Desember 2023. 

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi.

Photo :
  • Bapanas

Arief menuturkan, pekan lalu di Nagekeo, NTT, Presiden Jokowi menemukan harga cabai rawit sebesar Rp 50.000 per kg. Sementara, harga di Pulau Jawa melebihi itu. 

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

"Ini bisa terjadi dikarenakan berasal produksi lokal daerah setempat, sehingga NFA selalu mendorong pemerintah daerah concern pada komoditas pangan yang bisa dibudidayakan di daerahnya," ujarnya. 

Kemudian, per 11 Desember, Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) berupa stok pangan strategis yang ada di BUMN antara lain beras yang dikelola Perum Bulog ada 1,4 juta ton dan ID FOOD ada 2,26 ribu ton. Untuk jagung stok yang ada di Bulog ada 15,2 ribu ton dan kedelai ada 0,58 ton.

Sementara, stok bawang merah dan bawang putih yang ada di Bulog masing-masing terdapat 0,85 ton dan 11,88 ton. Untuk cabai terdapat stok di Bulog 15,59 ton. 

Selain itu, CPP daging sapi dikelola di Bulog 42,29 ton dan ID FOOD 1,27 ribu ton. Sementara daging kerbau di Bulog ada sebanyak 46,2 ribu ton. Stok daging ayam di Bulog ada 11,55 ton dan ID FOOD kelola 89,5 ton. 

Selanjutnya telur ayam ada di Bulog sebanyak 93,35 ton. Gula pasir 5,5 ribu ton ada di Bulog dan 8,1 ribu ton di ID FOOD. Untuk minyak goreng, Bulog kelola stok 4.169 kilo liter dan ID FOOD 597,4 kilo liter. Terakhir beragam jenis ikan dikelola oleh ID FOOD sebanyak 968,9 ton.

“Stok pangan kita secara nasional aman dan cukup, akan tetapi momentum Nataru yang merupakan peak season akan berdampak pada peningkatan harga pangan. Masyarakat dipersilahkan untuk selalu berbelanja bijak sesuai dengan kebutuhan. Pemerintah akan bahu membahu memastikan ketersediaan stok ada bagi masyarakat,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya