Go Global! Medco Energi Rampungkan Akuisisi 20 Persen Saham 2 Blok Migas di Oman

Pekerja blok migas. (foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta – PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah menyelesaikan akuisisi 20 persen kepemilikan di dua blok migas di Oman dari OQ Exploration & Production LLC (OQEP). Aksi itu disahkan lewat Exploration and Production Sharing Agreements (EPSA) yang dilaksanakan di Kesultanan Oman.

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Medco Energi mengakuisisi 20 persen kepemilikan atas EPSA produksi Blok 60 dan 20 persen kepemilikan atas EPSA eksplorasi Blok 48. Keduanya berlokasi di darat, tepatnya di bagian barat Oman dekat perbatasan Arab Saudi. 

Direktur Utama Medco Energi Hilmi Panigoro mengatakan, akuisisi ini memperkuat reputasi Medco Energi dalam inisiatif keberlanjutan dan pengembangan gas. "Serta menghadirkan sentra baru untuk terus mengembangkan produksi berbiaya-rendah,” ujar Hilmi dikutip dalam keterangan resmi, Rabu, 13 Desember 2023.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

Direktur Utama Medco Energi Hilmi Panigoro di salah satu sesi talkshow acara United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) Conference of the Parties (COP) ke-28 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Photo :
  • Dok. Medco Energi

Blok 60 mencakup area seluas 1.485 km2 dan memproduksi hingga 63 mboepd dari lapangan minyak Bisat dan lapangan gas Abu Butabul. Adapun kontrak EPSA akan berakhir pada 2048. Sedangkan Blok 48 yang lokasinya berdekatan, mencakup area seluas 2.995 km2 dan memiliki potensi minyak dan gas yang juga signifikan.

18 Killed in Oman Over Heavy Rains and Flash Floods Lash UAE

OQEP akan tetap menjadi operator kedua blok tersebut dan akan memfasilitasi pertukaran keahlian dalam eksplorasi gas, pengembangan lapangan, penerapan teknologi serta proses keberlanjutan melalui penempatan pekerja MedcoEnergi di operasi bersama dan penugasan korporasi bilateral.

OQEP adalah produsen terbesar ketiga di Oman dan merupakan anak usaha dari OQ Group SAOC, grup energi terintegrasi global milik Kesultanan Oman. Saat ini OQEP mengoperasikan tiga blok di Oman dan berpartisipasi dalam sejumlah joint ventures aset produksi dan eksplorasi di Oman dan Kazakhstan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya