KCIC Siapkan 20 Ribu Tiket Kereta Cepat Whoosh Perhari Saat Nataru

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh diresmikan Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Dok KCJB

Jakarta – PT KCIC menyediakan 20 ribu tiket Kereta Cepat Whoosh setiap harinya, dalam rangka menyambut musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024.

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi di Waktu Liburan

Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti mengatakan, bagi masyarakat yang ingin menghabiskan libur akhir tahun menggunakan Kereta Cepat Whoosh, sudah bisa memesan tiket mulai H-7 di seluruh channel penjualan tiket resmi Kereta Cepat Whoosh.

"Untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berlibur, KCIC telah menyiapkan lebih dari 20 ribu tempat duduk Kereta Cepat Whoosh setiap harinya selama masa liburan Nataru," kata Emir dalam keterangannya, Sabtu, 16 Desember 2023.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Dia menjelaskan, pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, loket, Ticket Vending Machine, dan channel resmi mitra KCIC yaitu aplikasi Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

Emir merinci, jadwal Kereta Cepat Whoosh dioperasikan dengan jadwal dari pukul 06:15 WIB hingga pukul 20:30 WIB setiap harinya. Pada jam sibuk seperti pagi dan sore hari, Kereta Cepat Whoosh memiliki headway di 25-35 menit. Sementara di luar jam sibuk, headway-nya berada di rentang 50-60 menit.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

"KCIC akan mengevaluasi pola operasi secara rutin. Dimana sewaktu-waktu terjadi peningkatan jumlah penumpang, maka akan dilakukan penambahan perjalanan," ujar Emir.

Untuk memberikan pelayanan yang optimal, KCIC menerapkan skema dynamic pricing dalam penentuan tarif Kereta Cepat Whoosh. Dalam menetapkan tarif yang ditawarkan, KCIC mempertimbangkan berbagai aspek seperti jam keberangkatan, jumlah permintaan, atau periode keberangkatan.

Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Selain itu, lanjut Emir, KCIC juga telah melakukan berbagai persiapan lain salam menyambut periode Nataru. Termasuk pengecekan berkala terhadap sarana dan prasarana perkeretaapian seperti EMU, listrik aliran atas, rel, dan fasilitas lainnya.

"Kami berharap masyarakat dapat beralih dari kendaraan pribadi, untuk menggunakan Kereta Cepat Whoosh pada liburan akhir tahun kali ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya