ASDP Bidik 3 Juta Penumpang di Nataru, Menhub Dorong Optimalkan Fasilitas Pelabuhan

Kapal ASDP.
Sumber :
  • Dokumentasi ASDP.

Jakarta – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi bakal melayani lebih dari 3 juta penumpang, dan 700 ribu kendaraan pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Karenanya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mendorong ASDP untuk mengoptimalisasi fasilitas pelabuhan, dan mempersiapkan skema lalu lintas dalam rangka mendukung kelancaran Nataru 2023-2024.

"Beberapa hal yang harus menjadi perhatian dan diapresiasi, yakni mulai dari penerapan batasan radius aksesibilitas pembelian tiket online," kata Budi Karya dalam keterangannya, Selasa, 19 Desember 2023.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan posko pusat angkutan Nataru

Photo :
  • VIVA/Farhan Faris

Menhub menambahkan, untuk menunjang kelancaran di Ketapang, dapat dilakukan pemindahan atau pengalihan sementara Dermaga LCM Ketapang ke Lahan Bulusan selama periode Nataru.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

"Kemudian juga untuk menambah kapasitas di Ketapang, agar ditambah kapal besar tambahan ke Ketapang-Gilimanuk," ujarnya.

Menhub mengarahkan agar dilakukan peningkatan kapasitas layanan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus berangkat yang diperkirakan akan terjadi pada Jumat, 22 Desember hingga Sabtu 23 Desember 2023. Kemudian arus balik yakni pada Selasa, 26 Desember hingga Rabu, 27 Desember 2023.

Sementara arus berangkat kedua akan terjadi pada Jumat, 29 Desember dan Sabtu, 30 Desember 2023. Sedangkan arus balik pada Senin, 1 Januari hingga Selasa, 2 Januari 2024.

Kantor PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak di Banten.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Senada, Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin mengatakan, dalam rangka mendukung kelancaran trafik selama arus libur Nataru 2023-2024, manajemen akan memaksimalkan sarana prasarana layanan penyeberangan dan melakukan peningkatan di sejumlah fasilitas Pelabuhan.

"Terutama untuk 10 lintasan di 12 cabang terpantau nasional," kata Shelvy.

Adapun lintasan terpantau nasional pada Angkutan Nataru, di antaranya yakni lintas Ajibata-Ambarita, Tanjung Api-Api - Tanjung Kalian, Merak-Bakauheni, Bajoe-Kolaka, Padangbai-Lembar, Ketapang-Gilimanuk, Kayangan-Pototano, Bitung-Ternate, Hunimua-Waipirit, dan Bolok-Rote.

"Diperkirakan jumlah penumpang di 10 lintasan ini mencapai 3.004.496 orang, 168.419 unit kendaraan roda dua, 325.630 unit kendaraan kecil roda empat, 31.555 unit bus, dan 181.644 unit truk," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya