Gandeng Transjakarta, Damri Luncurkan 26 Bus Listrik Beroperasi di Koridor Busway

Bus listrik Damri
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Perusahaan Umum (Perum) Damri dan PT Transjakarta meluncurkan 26 bus listrik dan menggenapi total target 100 bus listrik yang akan dioperasikan oleh Transjakarta di 2023.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Direktur Utama Damri, Setia N. Milatia Moemin mengatakan, penambahan 26 bus listrik ini merupakan komitmen Damri kepada program pemerintah, dalam menghasilkan zero emission di sektor transportasi.

"Sebagaimana janji Pemerintah Provinsi kepada masyarakat DKI Jakarta, akhirnya jadi juga 100 (bus listrik) di penghujung tahun ini," kata Setia dalam keterangannya, Jumat, 22 Desember 2023.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

Bus Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta)

Photo :
  • Transjakarta

Setia mengaku pihaknya sangat berterima kasih atas kerja sama dengan PT Transjakarta, untuk bisa menghadiahkan dan menggenapkan janji 100 unit bus listrik di 2023 tersebut.

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Dia menjelaskan, bus listrik rakitan Indonesia dengan nama Skywell ini memiliki kapasitas 50 orang per unit, serta dapat menjangkau sekitar 250 kilometer (km). Rencananya, sinergi antara Damri dan Transjakarta ini akan dioperasikan pada koridor busway.

"Jadi ini kontrak Damri pertama dalam bus listrik. Semoga ke depannya Pemrov DKI bisa mempercayai kontrak-kontrak berikutnya untuk bus yang ramah lingkungan ini kepada Damri juga," kata Setia.

Pada kesempatan yang sama, Dirut PT Transjakarta, Welfizon Yuza mengatakan, pada pengoperasian 26 unit bus listrik ini telah disiapkan 64 orang pramudi, yang telah dibekali pelatihan keselamatan dan telah tersertifikasi.

Kemudian, Depo yang disiapkan telah dilengkapi dengan 8 alat pengisian daya, dengan kapasitas 200 kilo watt dan didukung 700 kva daya dari PT PLN.

"Terdapat pula gudang sparepart yang telah lengkap serta alat-alat khusus untuk melakukan perawatan 26 unit bus listrik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya