Pembangunan Tol Pulau Balang Disinyalir Putus Jalur Satwa, Otorita IKN Lakukan Perbaikan

Pembangunan IKN Nusantara
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta – Pembangunan jalan tol untuk akses ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara disinyalir telah memutus jalur atau koridor satwa. Hal itu diungkapkan Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kehutanan dan Sumber Daya Air Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Pungky Widiaryanto

Minister Predicts Economic Growth to Reach 5.17 Percent in 2024 Q1

Pungky mengatakan, jalur satwa yang terputus itu, karena adanya pembangunan Tol di Pulau Balang. Hal ini dikatakannya dalam acara Konsultasi Publik Rencana Induk Pengelolaan Keanekaragaman Hayati IKN.

"Pembangunan tol di Pulau Balang, mamang disinyalir diduga kemarin ada beberapa memutus jalur koridor satwa. Untuk itu, saat ini sedang dibangunkan kembali beberapa koridor satwa tersebut," ujar Pungky, Rabu, 27 Desember 2023.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Pembentangan bendera merah putih di Jembatan Pulau Balang, Kalimantan Timur

Photo :
  • dok Polri

Pungky membeberkan, dalam rencana induk pengelolaan keragaman hayati di IKN, pihaknya menerapkan empat prinsip. Pertama avoidance atau menghindari.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

"Sebagai contoh dalam memngun IKN khusunya bangunan infarastruktur, kita menghindari beberapa area dengan kahati (keanekaragaman hayati) yang tinggi. Kedua meminimalisir, apabila memang tidak bisa dihindarkan paling tidak meminimalisir dampak keanekaragaman hayati," jelasnya.

Ketiga memperbaiki. Artinya, dia menjelaskan, jika dalam pembangunan infrastruktur IKN terjadi kerusakan, pemerintah akan melakukan pembangunan kembali kawasan yang sudah rusak.

"Keempat penggantian kekurangan dan itu berlaku untuk flora dan fauna. Ada beberapa SOP yang kita akan kembangkan, dan ada beberapa peraturan yang akan kita kembangkan untuk memitigasi keanekaragaman hayati tersebut," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya