Pedagang Pasar Johar Curhat ke Wapres: Sepi Pak, Pembeli Malas Kalau Harus Naik ke Atas

Pedagang curhat ke Wapres soal penataan Pasar Johar yang bikin pedagang sepi pembeli.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Semarang – Wakil Presiden Ma'ruf Amin dicurhati pedagang saat meninjau Pasar Johar Kota Semarang hari ini, Kamis, 28 Desember 2023. Wapres mendatangi sejumlah pedagang untuk mengecek harga kebutuhan pokok jelang tahun baru 2024.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Di luar dugaan, saat akan kembali ke mobil untuk melanjutkan kegiatan, sejumlah pedagang meminta Wapres mendengarkan keluhan mereka. Wapres pun melayani dan mendengarkan keluhan.

Pasar Johar yang sekarang, cerita pedagang, sangat sepi pembeli. Salah satu penyebabnya adalah makin banyaknya pedagang baru yang berjualan di luar pasar yang membuat pembeli tidak masuk ke Pasar Johar dan memilih membeli kebutuhan pokok di luar pasar.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Apalagi, penataan pasar yang bertingkat disebut membuat pedagang yang berada di lantai atas kesulitan mendapatkan pembeli. Hal itu karena pembeli malas kalau harus naik ke atas dan lebih memilih di bawah atau luar pasar yang dianggap lebih mudah dan praktis.

"Ini pasar induk tapi jadi pasar bebas pak. Pasar induk jadi pasar yang terbengkalai pak, enggak ada pengunjung, karena pedagang yang di luar pasar itu banyak sekali dan tidak ada penanganan. Mohon itu diperhatikan pak," kata Endang, salah satu pedagang.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

Presiden Jokowi resmikan Pasar Johar, Semarang, Jawa Tengah.

Photo :
  • tvOne.

Ia juga mengeluhkan dengan dibangunnya Pasar Johar dengan penataan seperti sekarang ini malah membuat pasar jadi sepi.

"Kami sudah menyampaikan hal ini berkali-kali pak. Keluhan sudah lama kita sampaikan, tapi tidak ada tanggapan, sampai sekarang masih sama saja," kata keluh pedagang.

Ia juga mengeluhkan setiap ada kunjungan pejabat hanya melihat tempat-tempat tertentu saja. Tempat jualan pedagang Pasar Johar bagian dalam tidak pernah ditinjau.

"Jadi hanya sekilas saja, tidak semua tempat dikunjungi, hanya sebatas tempat-tempat tertentu saja. Kita kan juga butuh dilihat gitu. Sekarang ini pasarnya hanya melayani pelanggan saja. Kalau enggak ada pelanggan yaudah. Kalah sama pedagang yang di pinggiran-pinggiran," ungkapnya.

Menanggapi keluhan pedagang, Wapres Ma'ruf Amin akan segera menindaklanjuti keluhan pedagang dan membicarakannya dengan yang berwenang untuk mengatasi hal ini.

Laporan: tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya