Hasil Investigasi Terowongan Tol Cisumdawu yang Retak Diguncang Gempa Sumedang, Tetap Dibuka?

Investigasi keretakan terowongan tol Cisumdawu pascagempa Sumedang.
Sumber :
  • Antara.

Sumedang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melakukan pengeekan secara mendalam konstruksi terowongan Tol Cisumdawu yang disebut retak karena terguncang gempa di Kabupaten Sumedang pada Minggu kemarin.

BPBD DKI Ungkap 3 Sumber Ancaman Gempa di Jakarta

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengungkapkan, saat ini pihak dari PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sebagai pengelola jalan Tol Cisumdawu sedang menginvestigasi struktur terowongan terhadap dampak yang terjadi pascagempa tersebut.

“Bahwa pascagempa di Kabupaten Sumedang tadi malam, itu tidak menunjukkan adanya perubahan struktur yang berarti,” kata di Kabupaten Sumedang, Senin, 1 Januari 2024.

Jumlah Rumah Rusak Akibat Gempa Garut Bertambah Jadi 110

Bambang menambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) maupun Kementerian PUPR untuk menindaklanjuti kemungkinan yang terjadi pada struktur terowongan.

Tol Cisumdawu

Photo :
  • Dok. PUPR.
Gempa Guncang Garut, Rumah-rumah di Tasikmalaya Mengalami Kerusakan

“Sudah menurunkan tim dan sekarang juga masih ada di lapangan untuk mengindentifikasi secara cepat kemungkinan-kemungkinan adanya kerusakan,” katanya.

Lebih lanjut, dia memastikan untuk kendaraan masih aman untuk melintas, baik di jalan tol maupun saat memasuki terowongan di Tol Cisumdawu.

“Saya ingin memastikan apakah pascagempa jalan Tol Cisumdawu tetap dibuka? Ternyata memang masih tetap dibuka,” katanya.

Tol Cisumdawu.

Photo :
  • Dok. PUPR.

Sebelumnya, Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengungkapkan bahwa pascagempa di Kabupaten Sumedang, telah menyebabkan terjadinya keretakan di terowongan ganda Tol Cisumdawu.

"Gempa bumi yang M 4.8, ketiga menyebabkan adanya sedikit keretakan di dinding Terowongan Kembar Tol Cisumdawu. Pihak pengelola melakukan asesmen dan tindakan lainnya yang dianggap perlu. Namun atas keretakan itu, dipastikan sementara tidak mengganggu lalu lintas dan kondisi masih aman terkendali," katanya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya