Arus Balik Libur Nataru, Sekitar 600 Ribu Orang Nyebrang dari Jawa ke Sumatera

Pelabuhan ASDP. (ilustrasi)
Sumber :
  • Dokumentasi ASDP.

Lampung – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat kurang lebih sebanyak 15.739 orang mengunjungi Siger Park – Bakauheni Harbour City (BHC), Lampung Selatan pada momen pergantian tahun 2023 lalu.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Direktur Pengembangan dan Perencanaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Harry MAC menyampaikan, acara itu digelar untuk pertama kalinya di Kawasan BHC di sela perjalanan para penumpang liburan, baik dari Jawa ke Sumatera ataupun sebaliknya.

"Alhamdullilah, untuk kali pertama ASDP tidak hanya menghadirkan layanan prima dalam layanan penyeberangan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 yang secara umum berjalan lancar, aman dan selamat," ujar Harry dikutip dari keterangannya, 2 Januari 2023.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Loket tiket penyeberangan ASDP.

Photo :
  • Dokumentasi ASDP.

Dia menjelaskan, gelaran puncak Pesta Tahun Baru itu, merupakan rangkaian acara dan hiburan yang diisi oleh Coco Entertainment. Ribuan pengunjung pun menikmati pesta kembang api sebagai penutup acara dan tanda dimulainya tahun 2024. 

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

"Berdasarkan data ASDP, sekitar 3.000 orang hadir untuk menikmati acara puncak untuk menyambut tahun baru di Siger Park. Pengunjung dihibur dengan acara musik, laser show, dan ditutup dengan pesta kembang api. Selama acara hiburan berlangsung, pengunjung juga dapat menikmati jajanan yang dijual oleh 24 UMKM di Siger Market Mandiri," jelasnya.

Animo pengunjung Kawasan BHC mengalami peningkatan jelang Pesta Tahun Baru, dimana data menunjukkan pada pukul 19.30 WIB hingga 23.15 WIB sebanyak 5.417 orang memasuki area Siger Park. Ribuan orang memadati area Selasar BTN dan Siger Park, bahkan sangat menikmati ambience malam pergantian tahun yang meriah.

"Kegiatan ini direncanakan akan menjadi event rutin untuk mendukung tujuan dibangunnya Siger Park yaitu untuk menarik wisatawan, lokasi pagelaran budaya, serta melestarikan icon Crown of Lampung yaitu Menara Siger," ujarnya lagi.

Harry menambahkan, team BHC akan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas penyediaan infrastruktur pendukung dan pelayanan, demi menjaring lebih banyak pengunjung yang datang dan menikmati keindahan pemandangan di Kawasan BHC. Hal itu khususnya, sebagai salah satu icon khas destinasi pariwisata pilihan masyarakat di Lampung Selatan. 

Sementara itu, saat ini tengah berlangsung puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru yang dimulai pada Senin (1/1) hingga Selasa (2/1), di lintas penyeberangan utama Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

"Secara umum, penyeberangan Merak - Bakauheni dan juga Ketapang-Gilimanuk pada saat arus berangkat kemarin berjalan lancar. Kami meyakini pelayanan arus balik juga relatif lancar dan aman," katanya.

Adapun trafik penumpang dan kendaraan dalam pelaksanaan perjalanan penyeberangan periode Natal dan Tahun Baru khususnya di Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk masih jauh di bawah kapasitas terpasang baik di pelabuhan maupun kapal, sehingga tidak ada masalah. 

Berdasarkan data Posko Merak selama 24 jam (periode 31 Desember 2023 pukul 08.00 WIB hingga 01 Januari 2023 pukul 08.00 WIB) atau H+6, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 34 unit kapal. Adapun realisasi total penumpang mencapai 32.197 orang atau naik 20 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 26.795 orang.

Kantor PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak di Banten.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Diikuti Total seluruh kendaraan tercatat 6.363 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H+6 atau naik 8 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 5.875 unit. Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-7 hingga H+6 tercatat 599.267 orang atau naik 9 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 548.197 orang.

Sementara itu untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 136.847 unit atau naik 12 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 122.208 unit.

Sebaliknya, data Posko Bakauheni pada (24 jam) H+6 realisasi total penumpang mencapai 28.509 orang atau naik 33 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 21.427 orang. Total seluruh kendaraan tercatat 6.151 unit yang telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada H+6 atau naik 36 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 4.515 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-7 hingga H+6 tercatat 515.181 orang atau naik 14 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 453.652 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 116.866 unit atau naik 12 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 104.394 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya