Melayat ke Rumah Duka, JK Mengaku Kehilangan Sosok Pemikir-Aktivis Seperti Rizal Ramli

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla melayat ke rumah duka Rizal Ramli
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, mengaku sangat kehilangan sosok ekonom pemikir sekaligus aktivis, Rizal Ramli, yang wafat pada hari Selasa, 2 Januari 2024, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta dalam usianya yang ke-69 tahun.

Jumlah Rumah Rusak Akibat Gempa Garut Bertambah Jadi 110

"Kita sangat berduka karena kepergian kawan kita almarhum Bapak Doktor Rizal Ramli. Beliau ini seorang pemikir dan juga sekaligus aktivis," kata pria yang karib disapa JK itu, saat ditemui di rumah duka kawasan Bangka, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Januari 2024.

Jusuf Kalla dan Rizal Ramli di acara PKB.

Photo :
  • Istimewa.
Hizbullah Tembakan Puluhan Rudal ke Pemukiman di Perbatasan Israel

Dia mengaku mengenang sosok almarhum Rizal Ramli, sebagai sosok pemikir yang berani dan lantang bersuara. Tak hanya berani berseberangan dengan pemerintah, Rizal bahkan dapat dikatakan sosok yang konsekwen dengan sikap yang diambilnya selama puluhan tahun.

Apalagi, lanjut JK, Rizal Ramli sendiri sempat beberapa kali berada di dalam pemerintahan, meskipun untuk waktu yang tidak terlalu lama. Namun, kepergian sosoknya diakui JK membuat bangsa Indonesia kehilangan sosok pemikir-aktivis yang idealis.

Rumah dan Sekolah di Tasikmalaya Juga Rusak Akibat Gempa Garut, 13 KK Terdampak

"Artinya, Dia mengambil upaya dari berdasarkan pikiran-pikirannya, dan dia konsekuen selama puluhan tahun. Walaupun dia pernah ada di pemerintahan, meskipun tidak lama. Tapi tentu kita kehilangan tokoh yang seperti ini," ujarnya.

Pantauan Viva Bisnis di rumah duka Rizal Ramli, saat ini jenazah masih disemayamkan sambil menunggu anggota keluarga sambil diiringi dengan lantunan ayat suci Al Qur'an. Di sepanjang jalan depan rumah duka Rizal Ramli, juga sudah terpampang deretan karangan bunga dari berbagai tokoh nasional. Antara lain yakni dari Presiden Joko Widodo bersama keluarga.

Lalu ada pula karangan bunga dari sejumlah Menteri seperti dari Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin.

Pelayat membacakan doa di depan jenazah ekonom senior Rizal Ramli

Photo :
  • Ist

Kemudian, ada juga karangan bunga dan ucapan turut berdukacita dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, Sekjen DPR RI Indra Iskandar, dan Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan.

Selanjutnya, terpampang juga sejumlah karangan bunga milik masing-masing Capres Cawapres 2024, yakni dari pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, dan juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya