Rupiah Loyo Pagi Ini Tertekan Kegalauan Pasar Keuangan Global

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Rabu pagi, 10 Januari 2024. Rupiah melemah sebesar 25 poin atau 0,16 persen ke posisi Rp 15.545 per dolar AS. 

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.518 per dolar AS. 

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah akan berkonsolidasi terhadap dolar AS hari ini. Sebab, pasar keuangan masih menunggu data inflasi konsumen AS yang akan dirilis Kamis malam.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

"Data inflasi ini akan mengonfirmasi ekspektasi pasar terhadap pemangkasan suku bunga acuan the Fed. Bila menunjukkan inflasi kembali meningkat lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya, ekspektasi pasar tersebut akan menurun dan dolar AS bisa menguat lagi dan sebaliknya," ujar Ariston kepada VIVA Bisnis Rabu, 10 Januari 2024.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Ariston mengatakan, dolar AS masih memperlihatkan penguatannya terhadap nilai tukar lainnya pada perdagangan kemarin. Penguatan ini sudah terjadi sejak awal tahun, yang didukung oleh membaiknya data tenaga kerja dan manufaktur AS.

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

"Membaiknya data-data tersebut membuat ekspektasi pelaku pasar bahwa pemangkasan akan segera terjadi, sedikit menurun," jelasnya. 

Adapun pada hari ini Ariston memperkirakan bahwa mata uang rupiah terhadap dolar AS berpotensi pelemahan ke arah Rp 15.540. Sementara potensi penguatan ke arah Rp 15.500.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya