PLN Sulap Tiang Listrik Jadi Tempat Charge Kendaraan Listrik, Begini Penampakannya

Salah satu mobil listrik saat melakukan pengisian daya pada SPKLU PLN EYE yang berlokasi di Sekolah Dasar Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.
Sumber :
  • Dok. PLN

Jakarta – PT PLN (Persero) berinovasi dengan menjadikan aset tiang listrik sebagai Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), untuk kemudahan pengisian daya mobil listrik.

PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan, inovasi ini merupakan bentuk keseriusan PLN, untuk menunjang infrastruktur ekosistem electric vehicle (EV).

"Kami sangat serius untuk mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik, karena terbukti lebih irit bagi masyarakat dan mampu mengurangi emisi karbon secara signifikan," kata Darmawan dikutip dalam keterangannya, Rabu, 10 Januari 2024.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Penggunaan SPKLU PLN EYE tipe pole mounted charging, di kantor PLN di jalan KS Tubun, Jakarta Barat yang sudah beroperasi dan siap melayani pengguna electric vehicle.

Photo :
  • Dok. PLN

SPKLU bertipe pole mounted charger yang dikenal dengan PLN EYE tersebut, merupakan inovasi yang menghadirkan EV Charger, dengan memanfaatkan tiang listrik PLN.

PLN Sebut Tak Semua Tiang Listrik Bisa Dijadikan SPKLU Kendaraan Listrik, Ini Alasannya

"Diharapkan keberadaan EV Charging ini dapat menjangkau semua pengguna kendaraan listrik, yang ingin mengisi ulang daya baterai kendaraannya," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah merinci, saat ini sudah ada tiga prototipe SPKLU PLN EYE yang terpasang dan telah beroperasi.

"Sebarannya yakni dua di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat, dan satu di Sekolah Dasar (SD) Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan," kata Chairani 

Dia menjelaskan, saat ini terdapat dua tipe kapasitas SPKLU PLN EYE, yakni 7 kilo Watt (kW) dan 22 kW yang didesain PLN Enjiniring untuk Pole Mounted Charger. Baik yang model menempel di luar (tiang listrik beton), maupun model masuk dalam tiang (tiang besi).

"Selanjutnya akan dilakukan asessment dan perbaikan, sehingga ke depan sudah terstandardisasi untuk seluruh SPKLU Pole Mounted Charging," ujarnya.

Sebagai informasi, keberadaan SPKLU PLN makin mudah untuk ditemukan, dengan bantuan SuperApp PLN Mobile. Pengguna EV cukup membuka aplikasi PLN Mobile di menu electric vehicle, dan otomatis keberadaan SPKLU PLN yang terdekat akan ditemukan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya