Menhub Ajak China Investasi di Proyek Kereta Otonom di IKN

Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub.

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menemui Menteri Transportasi China Li Xiaopeng guna menawarkan investasi di sektor transportasi Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan membangun Automated Rail Transit (ART) atau Kereta Otonom.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Budi memastikan proses penjajakan dengan pihak China dilakukan melalui China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC). CRRC dikabarkan akan membawa unit Kereta Otonom ke Indonesia sebagai etalase pameran yang akan diselenggarakan di IKN sekitar bulan Juli 2024.

"Satu set kereta terdiri dari tiga gerbong, berkapasitas 307 penumpang, memiliki kecepatan operasional 40 km/jam dan kecepatan maksimal 70 km/jam," kata Budi Karya dalam keterangannya, Sabtu, 13 Januari 2024.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Upacara peringatan HUT RI ke-78 di IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kaltim

Photo :
  • Youtuber Otorita IKN

Budi pun meminta dukungan pemerintah Tiongkok untuk mengundang pihak-pihak swasta di sana guna berinvestasi di Indonesia terutama pada proyek perkeretaapian di kota-kota besar di Indonesia, misalnya di Bandung, Semarang, dan Makassar.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Budi mengatakan, kedua negara juga telah berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama pengembangan infrastruktur transportasi nasional. Hal itu sebelumnya bahkan telah diwujudkan melalui pembangunan proyek Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung, sebagai bentuk komitmen kerja sama bilateral.

"Whoosh ini menjadi proyek yang potensial untuk dikembangkan ke depannya," kata Budi Karya.

Selain bidang perkeretaapian, Menhub juga mengajak China untuk berinvestasi bidang penerbangan. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan penerbangan di daerah yang memiliki landasan pacu/runway yang cukup pendek.

"Serta kerja sama peningkatan kapasitas SDM di bidang penerbangan," ujarnya.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Peluncuran dan Pembukaan

Photo :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Pada sektor pelayaran, Budi juga menjajaki kerja sama di bidang peningkatan SDM, melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan di bidang pelayaran. Dia juga mengundang Menteri Transportasi China untuk menghadiri kegiatan Ministerial Roundtable on Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Mei 2024.

Dalam lawatannya ke Tiongkok, Budi juga bertemu dengan sejumlah pihak, misalnya Chairman CRRC Yongcai Sun serta Chairman Huawei. Selain itu, Budi juga akan melakukan diskusi bersama Indonesian Chamber of Commerce in China (Inacham) di Shanghai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya