Pertalite Dihapus Tahun Ini? Menteri ESDM: Boleh Saja, Asal...

Menteri ESDM, Arifin Tasrif.
Sumber :
  • Antara/Desca

Jakarta – Sejak tahun 2023 lalu, wacana soal penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite telah menyeruak, dan disebut-sebut bakal diimplementasikan pada tahun 2024 ini.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Kabarnya, Pertalite yang berkadar oktan RON 90 itu bakal digantikan oleh Pertamax Green 92, yang merupakan inovasi oplosan antara Pertalite dengan Ethanol 7 persen.

Saat dikonfirmasi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengatakan, Kementerian ESDM memberikan kebebasan kepada Pertamina untuk menghapus BBM Pertalite.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Pertamina tambah kuota pertalite dan solar (ilustrasi)

Photo :
  • BPH Migas

Namun, Arifin menegaskan bahwa apabila hal itu bakal diimplementasikan oleh Pertamina, maka penjualan Pertamax Green 92 diharapkan tidak memberikan beban tambahan. 

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

"Kalau bisa disediakan dengan tidak ada beban tambahan, ya boleh saja (pertalite dihapus)," kata Arifin dalam konferensi pers 'Capaian Kinerja Sektor ESDM 2023 dan Program Kerja 2024' di kantornya, Senin, 15 Januari 2024.

Diketahui, sebelumnya Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, sempat mengutarakan niatnya untuk mewujudkan inovasi baru yakni Pertamax Green 92.

Dia memastikan, saat ini Pertamina tengah mengkaji untuk meningkatkan kadar oktan BBM Subsidi RON 90 menjadi RON 92. Hal tersebut dilakukan dengan mencampur Pertalite dengan Ethanol 7 persen sehingga menjadi Pertamax Green 92.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati

Photo :
  • Istimewa

Nicke mengungkapkan, kajian yang dinamakan Program Langit Biru Tahap 2 tersebut memang masih dilakukan secara internal, dan belum diputuskan.

“Program tersebut merupakan hasil kajian internal Pertamina, belum ada keputusan apapun dari pemerintah," kata Nicke dalam RDP dengan Komisi VII DPR RI, Kamis, 31 Agustus 2023.

"Tentu ini akan kami usulkan dan akan kami bahas lebih lanjut," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya