Sejumlah BUMN Diduga Terlibat Kasus Suap SAP, Stafsus Erick Thohir Tunggu Detailnya

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Sejumlah perusahaan pelat merah diduga terlibat dalam kasus suap perusahaan asal Jerman, SAP. Hal itu terungkap dalam sebuah laporan yang dirilis Departemen Kehakiman dan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC), yang memuat informasi soal sejumlah BUMN, lembaga, dan kementerian, yang diduga terlibat dalam kasus suap SAP tersebut.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Saat dikonfirmasi, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengaku, sampai saat ini pihaknya belum mendapat informasi detail mengenai hal tersebut. Dia mengaku hanya mengetahui bahwa dugaan suap itu terjadi pada medio 2012, 2015, dan 2017.

"Setelah kita baca di informasi yang ada, ada Pertamina tahun 2017, Angkasa Pura I tahun 2012, Angkasa Pura II tahun 2015. Tapi kami kan belum dapat detailnya," kata Arya kepada media, Kamis, 18 Januari 2024.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Modern dan Tradisional dalam Sembilan Inspirasi Busana

Gedung Kementerian BUMN.

Photo :
  • Wikagedung.co.id

Arya memastikan, nantinya para pemangku kepentingan di BUMN yang disebut dalam laporan milik Departemen Kehakiman AS itu, bakal bertindak kooperatif ke depannya. Terutama dalam upaya menyelesaikan polemik, terkait dugaan kasus suap SAP tersebut.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

"Semoga nanti dengan data-data yang detail, teman-teman BUMN, kami percaya bisa bekerja sama dengan siapa pun untuk hal ini," ujar Arya.

Dia menegaskan, Kementerian BUMN akan mendukung penuh proses yang dijalankan, selama itu berkaitan dengan upaya bersih-bersih BUMN yang digaungkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Jadi kita support hal-hal yang memang merupakan bagian dari bersih-bersih di BUMN juga lah. Itu kan programnya Pak Erick, selalu ke sana arahnya," ujarnya.

Diketahui, laporan yang dirilis Departemen Kehakiman dan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) itu, memuat soal dugaan suap yang melibatkan Pertamina pada tahun 2017. Modusnya yakni dengan membiayai tamasya golf bagi pejabat di Pertamina, yang diduga sebagai cara untuk memuluskan kontrak terkait lisensi dengan nilai kontrak mencapai US$13,3 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya