Catat! Ini Hari Terlarang Bagi Debt Collector Tagih Utang, Gak Boleh Ngancam

Ilustrasi pengemudi mobil dicegat dept collector.
Sumber :
  • Instagram @banten.lawyer.club

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan aturan terbaru soal mekanisme penagihan kredit dan pembiayaan, termasuk aturan penagihan perihal cara hingga waktu penagihan oleh debt collector.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Melalui unggahan di akun Instagram @ojkindonesia, beleid yang mendasari aturan tersebut adalah Peraturan OJK Nomor 22 tahun 2023, yang menggantikan POJK Nomor 6 Tahun 2022 tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan.

Sejumlah aturan terbaru penagihan kredit itu, pertama yakni bahwa pihak penagih (debt collector) tidak boleh menggunakan cara penagihan dengan ancaman, kekerasan, atau tindakan yang bersifat mempermalukan konsumen.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Kantor OJK Tasikmalaya.

Photo :
  • tvOne/Denden Ahdani

"Contoh, menyebarluaskan informasi mengenai kewajiban konsumen yang terlambat kepada kontak telepon yang dimiliki oleh konsumen," dikutip Jumat, 19 Januari 2024.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Kemudian aturan kedua, penagih tidak boleh menggunakan tekanan secara fisik maupun verbal. Ketiga, pihak penagih tidak boleh menagih kepada pihak selain konsumen.

"Tidak boleh menagih secara terus menerus yang bersifat mengganggu," tulis pihak OJK.

Ilustrasi utang.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kemudian yang kelima, penagihan hanya boleh dilakukan di tempat alamat domisili konsumen. Keenam, penagihan hanya boleh dilakukan dari hari Senin sampai dengan Sabtu, di luar hari libur nasional, dari pukul 08.00 pagi hingga 20.00 malam waktu setempat.

"Untuk penagihan di luar tempat domisili konsumen dan pada waktu yang diatur di atas, hanya dapat dilakukan atas dasar persetujuan atau perjanjian dengan konsumen terlebih dahulu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya