Rupiah Jelang Akhir Pekan Loyo ke Rp 15.846 per Dolar AS

Lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Jumat pagi, 26 Januari 2024. Rupiah melemah sebesar 20 poin atau 0,13 persen ke posisi Rp 15.846 per dolar AS. 

Rupiah Terpuruk ke Rp 16.265 per Dolar AS

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.767 per dolar AS. 

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan melemah pada hari ini. Hal ini dipicu oleh data perekonomian Amerika Serikat (AS) 

Ekonom BCA Ramal Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,07-5,14 Persen

"Data ekonomi AS yang ditunggu pasar semalam yaitu data PDB kuartal-IV dirilis lebih bagus dari ekspektasi pasar, 3,3 persen vs 2,0 persen," ujar Ariston kepada VIVA, Jumat, 26 Januari 2024. 

Petugas menghitung mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu tempat penukaran uang di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Rupiah Kembali Anjlok ke Level Rp 16.234 per Dolar AS

Ariston menuturkan, hasil tersebut menunjukkan bahwa ekonomi AS masih kuat dan bisa memberikan konfirmasi ke pasar bahwa Bank Sentral AS tidak akan terburu-buru memangkas suku bunga acuannya. Meskipun kenaikan inflasi di AS sudah menunjukkan penurunan seperti yang terlihat pada komponen harga di data PDB yang naik 1,5 persen, dibandingkan kuartal sebelumnya yang sebesar 3,3 persen.

Di sisi lain jelas Ariston, data PDB AS kuartal-IV yang masih cukup baik ini bisa memberikan sentimen positif ke aset berisiko. Artinya ekonomi AS masih bisa memberikan dampak positif ke perekonomian global. 

"(Sehingga) pelemahan rupiah terhadap dolar AS bisa tertahan," ujarnya. 

Adapun untuk hari ini Ariston memperkirakan, potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS ke arah Rp 15.850-Rp 15.880. Sedangkan potensi support di kisaran Rp 15.760.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya