Proyeksikan Potensi Bisnis dan Ekonomi, Investor hingga Akademisi Kumpul di IBO 2024

Ilustrasi grafik perekonomian (Source: https://www.istockphoto.com/id)
Sumber :
  • vstory

Jakarta – Sebanyak 500 peserta yang terdiri dari para profesional, pemilik usaha, investor, dan akademisi menghadiri acara seminar Indonesia Business Outlook 2024 (IBO 2024). Acara ini digelar untuk menginspirasi dan memotivasi para generasi Z maupun milenial untuk meneruskan bisnis agar sustain dan mampu menyelesaikan masalah di sekitar mereka.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Event seminar yang diselenggarkan oleh Sirkel ini mengundang sejumlah pembicara terkemuka, seperti mantan menteri BUMN Dahlan Iskan, CEO Fita Raynazran Royono, Ricky Satria (Bank Indonesia) hingga Abdul Muidz Aad  (MP Store). Seminar IBO 2024 juga menggandeng Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) sebagai partner di bidang akademik, serta berkolaborasi dengan Populix sebagai partner riset data.

“Para pembicara membahas bagaimana data tersebut kemungkinan akan memproyeksikan potensi bisnis dan ekonomi pada tahun 2024, dan seberapa dekat data tersebut mencerminkan tahun 2023,” ujar Achmad Wildan Chawary, perwakilan dari Sirkel, dikutip dari keterangannya, Selasa, 30 Januari 2024.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Proyeksi Ekonomi RI 2021,,,,Gedung Perkantoran Jakarta

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin



Dia menyampaikan, pada tema digitalisasi dan e-commerce misalnya, sesi seminar membahas dampak teknologi pada efisiensi bisnis. Fintech sebagai tema kedua membahas inovasi keuangan digital dan dampaknya terhadap sistem keuangan Indonesia. Sedangkan pada tema investasi, dibahas mengenai peluang dan risiko investasi di pasar Indonesia, termasuk saham, real estate, dan investasi alternatif.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

“Saya tak menduga jika dampak yang dihasilkan dari kolaborasi yang solid antara business owner, profesional, akademisi, dan investor akan sebesar ini. Antusiasme para peserta di event kali ini sangat tinggi,” ujar Achmad, yang juga adalah founder Sirkel bersama Muhammad Khemal Nugroho dan Erlangga Mahardhika.

Melihat besarnya antusiasme terhadap seminar ini, menurut Achmad tidak menutup kemungkinan pihaknya mengadakan lebih banyak event dan kelas bisnis pada 2025 mendatang.

“Kesuksesan IBO juga tak hanya tercermin dari angka, tetapi juga semangat kebersamaan dan inspirasi yang ditanamkan kepada setiap peserta,” imbuhnya.

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lebih lanjut menurutnya, Indonesia Business Outlook 2024 membuat terobosan baru dalam dunia conference dengan memunculkan sesi gamification  atau kuis trivia. Selain kuis juga ada ‘Speed Dating’ game yang mana peserta yang sebelumnya telah mengisi formulir akan dikelompokkan berdasarkan background dan minat masing-masing. Setiap peserta kemudian bisa menjalin networking dengan peserta lain yang memiliki tujuan dan minat sama.

Pada setiap sesi, para pembicara juga membagikan berbagai strategi bisnis dan rencana aksi beragam sesuai dengan industrinya masing-masing.  Sebagai contoh, beberapa pembicara menyajikan tips mengenai berbisnis berkelanjutan serta tips beragam topik lainnya, seperti IPO, penipuan investasi, funding trends dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya