Transisi Energi, AEON Mall Mulai Gunakan PLTS Untuk Operasional

AEON Mall BSD City Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Jakarta – Sejumlah sektor bisnis dan hunian mulai melakulan transisi Energi Baru Terbarukan (EBT) guna mencapai zero emission. Salah satunya AEON Mall, jaringan pusat perbelanjaan asal Jepang yang melakukan instalasi sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Di mana, peralihan ke sumber energi bersih ini dilakukan pada seluruh cabang AEON dan bekerja sama dengan Surya Nippon Nusantara ('SNN') dalam mewujudkan dekarbonisasi.

Deputy Chief Executive Officer (CEO) SUN Energy, Dion Jefferson mengatakan, fasilitas PLTS yang diinstalasi di kawasan AEON Mall BSD City diperkirakan mampu menghasilkan energi listrik sebesar 1.161 MWh setiap tahun. Nantinya, dari hasil energi tersebut, secara langsung dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik operasional mal.

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

"Hal ini seiring dengan komitmen transisi dan capaian 100 persen bauran energi melalui produksi dan konsumsi energi terbarukan di fasilitas mal yang dikelola oleh AEON," katanya, Rabu, 31 Januari 2024.

Ilustrasi pembangunan PLTS.

Photo :
  • istimewa
Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

Dalam transisi penggunaan sistem PLTS tersebut, jumlah energi listrik yang dihasilkan setara dengan reduksi emisi karbon sebesar 712 ton.

"Kehadiran PLTS di ruang publik seperti pusat perbelanjaan turut mempromosikan pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi terbarukan yang terjangkau dan efisien kepada masyarakat secara luas," ujarnya.

Ia melanjutkan, entitas SNN telah menargetkan pangsa pasar industri atau komersial asal Jepang yang beroperasi di Indonesia. Pihaknya pun akan terus mengembangkan bisnis terkait energi terbarukan di Indonesia

"Soal energi terbarukan ini akan terus kita kembangkan, termasuk baterai penyimpanan, bisnis terkait kendaraan listrik, layanan efisiensi energi, dan layanan pasokan bahan bakar tanpa emisi seperti hidrogen, ammonia, dan biofuel," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya