Rupiah Menguat Lawan Dolar AS, Ini Pemicunya

Ilustrasi rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Jumat pagi, 2 Februari 2024. Rupiah menguat sebesar 42 poin atau 0,27 persen ke posisi Rp 15.722 per dolar AS. 

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.775 per dolar AS. 

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah berpeluang menguat pada hari ini. Hal ini setelah para pelaku pasar mulai mengantisipasi pemangkasan suku bunga acuan AS akan dilakukan di bulan Mei.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

"Data tenaga kerja AS, klaim tunjangan pengangguran mingguan yang dirilis semalam dan data non Farm Payroll versi ADP yang dirilis Rabu malam menunjukkan pelemahan situasi tenaga kerja AS. Keduanya dirilis lebih buruk dari ekspektasi pasar," ujar Ariston kepada VIVA, Jumat, 2 Februari 2024.

Petugas menghitung mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu tempat penukaran uang di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Ariston menuturkan, sentimen pasar juga terlihat cukup positif pagi ini dengan indeks saham Asia bergerak menguat pagi ini.

"Survei CME FedWatch Tool menunjukkan peluang pemangkasan yang tinggi di bulan Mei yaitu sekitar 93 persen," jelasnya.

Di sisi lain, jelas Ariston, sikap pasar bisa berubah. Sebab pasar masih menantikan data Non Farm Payroll dan komponen tenaga kerja lainnya versi pemerintah yang akan dirilis malam ini. 

"Oleh karena itu pelaku pasar mungkin juga menahan diri atau berhati-hati sehingga pelemahan dolar mungkin tertahan," imbuhnya. 

Adapun potensi penguatan mata uang rupiah rupiah hari ini ke arah Rp 15.720-Rp 15.700. Sedangkan potensi pelemahan ke arah Rp 15.800.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya