Akuisisi PT IJP, Meratus Genjot Efisiensi Pengelolaan Pelabuhan hingga Sistem Distribusi

Ilustrasi IJP.
Sumber :
  • Dokumentasi IJP.

Jakarta – Perusahaan logistik maritim, Meratus, telah mengakuisisi PT ICTSI Jasa Prima Tbk (IJP), guna membangun konektivitas sebagai operator swasta terintegrasi di Indonesia yang melayani bisnis pelayaran, logistik, dan pelabuhan.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

Chief Executive Officer (CEO) Meratus, Farid Belbouab mengatakan, akuisisi ini menandai capaian penting dalam pengembangan layanan logistik, dan akan memberikan dorongan signifikan terhadap efisiensi pengelolaan pelabuhan dan sistem distribusi di seluruh jaringan Meratus.

"Kami yakin dengan akusisi IJP, perusahaan yang mengedepankan efisiensi dalam pengelolaan Pelabuhan melalui PT PBM Olah Jasa Andal (OJA), akan menciptakan sinergi yang luar biasa di proyek Terminal Nusantara dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional di era yang dinamis saat ini," kata Farid dalam keterangannya, Jumat, 2 Februari 2024.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX)

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Melalui proyek Terminal Nusantara, Meratus mengoperasikan dua terminal domestik di Jakarta dan Surabaya, dengan total kapasitas 1 juta TEUs. Saat ini, tingkat lalu lintas arus kontainer di kedua terminal tersebut terus mengalami tren positif. Pada akhir tahun 2023, tercatat adanya peningkatan sebesar 13 persen, dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Farid menjelaskan, salah satu kunci utama akuisisi IJP adalah keunggulan dari wilayah operasional yang terletak strategis di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Terlebih, hal itu juga terhubung oleh berbagai akses lalu lintas darat, dengan infrastruktur yang memadai. 

"Di samping itu, IJP memiliki luas total area sebesar 8,2 hektare, dengan kapasitas wharf seluas 600 meter," ujarnya.

Selain penguatan konektivitas dan infrastruktur logistik, Farid berharap akusisi ini juga dapat memberikan solusi terdepan bagi pelanggan Meratus. Yakni melalui integrasi bisnis dengan logistik, melalui lini bisnis MGLog dan Container Logistic Center (CLC). 

Dia menegaskan, Meratus telah berkomitmen dalam memberikan kemudahan konektivitas pelayaran dan logistik bagi customer-nya, melalui pelayanan end-to-end yang berbasis teknologi. Hal ini merupakan langkah strategis Meratus, dalam menghadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks dan peningkatan daya saing Perusahaan di industri maritim dan logistik.

"Melalui sinergi bersama IJP, Terminal Nusantara berada pada posisi untuk mencapai visi Meratus menjadi operator terintegrasi swasta terkemuka di Indonesia yang melayani bisnis pelayaran, logistik dan pelabuhan. Keunggulan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja yang lebih positif bagi perusahaan baik secara domestik dan internasional,," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya