Jelang Pemilu 14 Februari, Enam Truk Kotak Suara Dikirim ke Pelalawan Riau

Petugas mengecek segel KPU pada suatu kotak suara (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Jakarta – Enam truk pengangkut logistik kotak suara dikirim ke Kabupaten Pelalawan, Riau menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024.

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto mengatakan, kotak suara itu akan didistribusikan untuk dua kecamatan, yakni Kecamatan Kuala Kampar dan Teluk Meranti. Dalam hal ini, tiga truk untuk logistik suara ke Kuala Kampar, dan tiga truk untuk logistik ke Teluk Meranti.

"Saya lepas keberangkatan enam truk pengangkut logistik menuju Kuala Kampar dan Teluk Meranti dengan pengawalan oleh anggota Polri dan TNI Semoga logistik yang kita berangkatkan selamat sampai tujuan," ujar Suwinto dalam keterangannya Minggu, 11 Februari 2024.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Suwinto berharap, perjalanan pengangkut logistik kotak suara yang perdana di Kabupaten Pelalawan ini berjalan lancar sampai ke tempat tujuan.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Sementara itu, Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardiwandi mengatakan bahwa apel secara resmi dan seremonial akan dilakukan sebenarnya pada Minggu, tanggal 11 Februari. Namun, distribusi itu dilakukan terlebih dahulu karena kedua kecamatan itu menjadi yang terjauh di Kabupaten Pelalawan.

"Untuk total jumlah kotak suara di Kabupaten Pelalawan sebanyak 5530 kotak suara. Untuk pengangkutan perdana logistik kotak suara ke Kuala Kampar dan Teluk Meranti, terlebih dahulu akan disimpan di PPK Kecamatan Kuala Kampar dan Teluk Meranti. Nanti pada hari Senin tanggal 12 baru akan disebar ke PPS di desa-desa," jelasnya.

Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Dia menjelaskan, untuk enam truk pengangkut logistik kotak suara ke Kuala Kampar ada 300 kotak yang diangkut. Jumlah tersebut nantinya akan disebar ke sembilan desa, dan satu kelurahan. Kelurahan itu di antaranya Kelurahan Teluk Dalam, Desa Teluk, Desa Tanjung Sum, Desa Sungai Solok, Desa Sungai Upih, Desa Teluk Beringin, Desa Teluk Bakau, Desa Sokoi, Desa Sungai Mas dan Desa Serapung.

"Untuk truk pengangkut logistik kotak suara ke Teluk Meranti ada sebanyak 280 kotak suara yang diangkut. Jumlah tersebut akan disebar ke satu Kelurahan. Dan delapan desa di antaranya Kelurahan Teluk Meranti, Desa Gambut Mutiara, Desa Kuala Panduk, Desa Labuhan Bilik, Desa Pangkalan Terap, Desa Petodaan, Desa Pulau Muda, Desa Segamai dan Desa Teluk Binjai," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya