Awas Kehabisan! Tiket Kereta Api Lebaran 2024 Sudah Bisa Dibeli Mulai Hari Ini

Ilustrasi kereta api melintas.
Sumber :
  • KAI

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka penjualan tiket kereta api pada periode angkutan Lebaran 2024, mulai tanggal 15 Februari 2024 (H-45) untuk keberangkatan 31 Maret 2024 atau H-10 Lebaran.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Vice President (VP) Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.

"Kami mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya," kata Joni dalam keterangannya, Kamis, 15 Februari 2024.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Ilustrasi kereta api.

Photo :
  • VIVA/Dwi Royanto

Dia memastikan, KAI akan terus melakukan inovasi terbaru untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Salah satunya yakni dengan menerapkan sistem antrean, saat pembelian tiket kereta api jarak jauh. 

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Sistem antrean ini diberlakukan pada aplikasi Access by KAI dan web kai.id, agar calon penumpang mendapatkan kepastian layanan. Khususnya pada saat-saat peak season, seperti musim Lebaran atau Natal dan Tahun Baru.

Pada saat peak season, dimana terjadi kepadatan pemesanan tiket, maka calon penumpang akan diarahkan kepada sistem antrean yang akan memberitahukan perkiraan waktu tunggu. Calon penumpang disarankan untuk tidak menutup window tersebut, agar tetap terhubung dengan sistem.

Selanjutnya, pada saat gilirannya para calon penumpang akan diarahkan untuk masuk ke dalam sistem pemesanan, dan dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa. Sistem antrean penjualan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI dan Web KAI.id tersebut sudah mulai diberlakukan sejak tanggal 1 Februari 2024.

Ilustrasi rangkaian kereta api.

Photo :
  • ANTARA/Raisan Al Farisi/hp

"KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan menjaga tingkat keamanan data serta informasi," ujarnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada periode Angkutan Lebaran, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya