Ekspansi Digital Siloam Terus Berkembang, Investasi Dilanjutkan

RS Siloam
Sumber :
  • Dok. Lippo

Jakarta – PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen melanjutkan investasi pada saluran digital yang mumpuni. Ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang lancar dan terintegrasi terhadap pasien.

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Group Chief Executive Officer (CEO) LPKR sekaligus Komisaris Utama SILO John Riady menyampaikan bahwa perseroan mengembangkan infrastruktur saluran digital pasien untuk memberikan pelayanan yang lancar dan terintegrasi. 

"SILO saat ini mengoperasikan 41 rumah sakit yang tersebar di 28 kota, menjadi yang terbesar di Indonesia dan bisa mencakup lebih dari 50 persen populasi," katanya dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu, 21 Februari 2024.

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

Siloam Hospitals.

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Dalam pemesanan layanan rumah sakit (booking) misalnya, SILO menyediakan berbagai saluran, seperti telepon, website Siloam, chatbot, aplikasi, live chat dalam aplikasi MySiloam dan Whatsapp. 

Bahlil Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Tony Blair: Energi Baru hingga IKN

SILO juga menyediakan omnichannel booking system untuk memudahkan pasien dan nomor telepon terpusat 1500181 yang menghubungkan 41 rumah sakit Siloam. 
 
Melalui pengalaman digital SILO, pasien dapat melakukan pemesanan secara instan, mengantre secara virtual, hingga melakukan medical check up (MCU) pada hari yang sama. Saluran digital ini termasuk Aplikasi MySiloam, situs web Siloam, pusat kontak khusus, dan nomor WhatsApp khusus.

Kinerja Keuangan

Per September 2023, SILO mencatatkan pendapatan sebesar Rp 8,24 triliun, naik 21,55 persen dari Rp 6,93 triliun per September 2022. Perinciannya, pendapatan rawat inap Rp 4,73 triliun per Kuartal III-2023 naik dari sebelumnya Rp 3,86 triliun, dan pendapatan rawat jalan Rp 3,51 triliun naik dari Rp 3,06 triliun per Kuartal III-2022. 

SILO juga mencatat laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebanyak Rp 858,90 miliar. Laba bersih tersebut melonjak 91,20 persen dari sebelumnya yang sebesar Rp 449,21 miliar.

Pasien Meningkat

Ilustrasi bisnis rumah sakit RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta (foto/siloamhospitals.com)

Photo :
  • vstory

Seiring dengan meningkatnya popularitas saluran digital Siloam, jumlah pasien yang diperoleh secara digital juga meningkat. Saluran Digital Siloam berkontribusi sebesar 21 persen atau sekitar 532.285 pemesanan terhadap total Kunjungan Rawat Jalan per September 2023. 

SILO juga telah mengembangkan sistem umpan balik pasien digital yang disebut Siloam Online Feedback Aggregator System (SOFAS) sehingga pasien dapat memberikan umpan balik langsung yang akan diterima secara real-time oleh tim khusus. Melalui SOFAS yang diimplementasikan di semua unit grup rumah sakit Siloam, sekitar 80 persen keluhan dapat diselesaikan dalam 2 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya