Gemcorp, Perusahaan Investasi Asal Inggris Resmi Mencaplok Perusahaan Internet RI

Ilustrasi berselancar di internet.
Sumber :
  • Bingiton Seo

JakartaGemcorp Capital (Gemcorp) yang berbasis di London mengumumkan telah menyelesaikan perjanjian investasi yang akan memberikan jalur untuk mengakuisisi kendali atas penyedia fibert o the home (FTTH), PT Garuda Prima Internetindo (Flynet) dengan investasi tunai.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Flynet menyediakan layanan FTTH untuk pengguna perumahan di Bali, Indonesia. Gemcorp telah melakukan
pembayaran tunai pertama sesuai dengan ketentuan perjanjian. Gautam Sahdev, Mitra Gemcorp yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan transaksi tersebut, mengatakan transaksi ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam aktivitas Gemcorp di sektor telekomunikasi di Indonesia.

Investasi ini akan menjadi investasi kedua kami di kawasan ini, setelah investasi signifikan yang dilakukan pada tahun 2019.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan bahwa investasi ini juga merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MOU) yang ditandatanganinya dengan APJII, organisasi yang mewakili penyedia jasa layanan internet (ISP) di Indonesia, di mana kami menunjukkan keinginan kami untuk memberikan investasi kepada ISP
lokal, termasuk pemain FTTH.

Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas

Stant perusahaan internet.

Photo :
  • istimewa

“Kami juga sedang mengerjakan sejumlah kesepakatan di sektor telekomunikasi di kawasan ini dan sedang
dalam proses menyiapkan sarana khusus untuk menyalurkan investasi kami. Tujuan kami adalah mengatur
investasi yang akan mendukung tulang punggung infrastruktur broadband Indonesia, yang kami yakini
merupakan hal mendasar bagi masa depan digital negara ini,” tambah Sahdev.

Purwo Handoko selaku Utusan Khusus (Special Envoy) Gemcorp untuk kawasan Asia Tenggara juga menambahkan, langkah awal yang strategis yang diputuskan Gemcorp untuk melakukan investasi di Indonesia sebagai negara pertama di ASEAN adalah bukti nyata kepercayaannya kepada fundamental ekonomi dan iklim investasi yang baik.

Semoga ini menjadi langkah awal untuk mengembangkan investasinya di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya. Sementara Muhammad Arif Angga, pimpinan dan pemegang saham mayoritas Flynet, mengatakan, pihaknya memulai ini semua dengan tujuan menyediakan layanan internet kelas atas bagi penduduk Bali melalui jaringan fiber yang canggih.

"Kami sangat senang dengan kemajuan yang dicapai bisnis ini sejak awal. Kami sangat senang menyambut Gemcorp sebagai mitra dan terkesan dengan ambisi mereka, baik di sektor bisnis maupun telekomunikasi. Kami bangga menjadi ISP pertama yang menjalin perjanjian investasi sejak mereka menandatangani MOU dengan APJII pada Januari 2023," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya