Pertamina Salurkan Bantuan ke Korban Bencana Angin Puting Beliung di Bandung dan Sumedang

Bantuan untuk korban angin puting beliung [dok. Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, menyalurkan bantuan berupa paket makanan siap saji, selimut, serta terpal, kepada para warga korban bencana angin puting beliung di Dusun Situbuntu, Desa Mangunarja, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengatakan, bantuan yang diinisiasi melalui Program Pertamina Peduli itu, disalurkan oleh pihaknya di Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang.

Eko juga mengungkapkan rasa keprihatinan, atas musibah yang terjadi kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Bandung dan Sumedang tersebut.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

"Kami mewakili perusahaan, turut prihatin dengan bencana yang menimpa masyarakat sekitar Kabupaten Bandung dan Sumedang. Semoga bantuan yang diberikan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak," kata Eko dalam keterangannya, Rabu, 28 Februari 2024.

Puting beliung terjang Jatinangor dan Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat

Photo :
  • Istimewa
Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Eko menegaskan, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat juga akan selalu memastikan, operasional lembaga penyalur BBM dan LPG tetap berjalan normal pascabencana angin puting beliung di wilayah Kabupaten Bandung, Sumedang, dan sekitarnya tersebut.

"Pertamina akan selalu berusaha untuk menjadi yang terdepan, dalam memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana di sekitar wilayah Operasional. Hal tersebut sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan kepada masyarakat sekitar," ujarnya.

Diketahui, angin puting beliung yang menerjang Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung itu, dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi pada hari Rabu, 21 Februari 2024, pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Sumedang, total korban terdampak yakni sebanyak 412 Kepala Kelurga (KK) atau 1359 jiwa, yang tersebar di 6 Kecamatan dan 2 Kabupaten.

Salah satu Desa yang terdampak adalah Dusun Situbuntu, Kecamatan Cimanggung. Dimana sebanyak 145 KK dan 374 jiwa terkena dampak dari bencana angin puting beliung tersebut. Di dusun tersebut, banyak atap rumah warga yang rusak dan terbawa oleh angin puting beliung, sehingga warga banyak yang mengungsi di pos pengungsian BPBD Kabupaten Sumedang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya