Cek Progres Pembangunan Bandara IKN, Menhub Pede Bisa Diuji Coba Juli 2024

[dok. BKIP Kementerian Perhubungan]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, kembali mengecek progres pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Kamis, 29 Februari 2024.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Menhub menyebut, proyek pembangunan Bandara IKN itu telah sesuai dengan rencana, dan diharapkan sudah bisa uji coba pada bulan Juli 2024 mendatang.

"Saya lihat pembangunan Bandara IKN progresnya bagus. Pengerjaannya juga sesuai arahan Presiden, yakni tetap mempertahankan kehijauan alam sekitar," kata Budi Karya dalam keterangannya, Kamis, 29 Februari 2024.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

"Saya harap pembangunan Bandara IKN dapat sesuai rencana, sehingga bisa diujicobakan pada bulan Juli nanti," ujarnya.

IKN Nusantara.

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya
Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Menhub menjelaskan, saat ini di lokasi pembangunan bandara IKN tengah dilakukan pekerjaan lanjutan cut & fill area sejumlah fasilitas.

"Antara lain seperti tempat peribadatan, rumah dinas, perkantoran, gedung laboratorium, kantin, akses jalan perimeter barat, dan parkiran untuk VIP," kata Budi Karya.

"Selain itu, sedang dilakukan pula penyelesaian Bored Pile Terminal VIP dan VVIP, pembukaan jalan akses utama, serta pekerjaan land clearing di area embung," ujarnya.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • Dokumentasi VKTR.

Sebagai informasi, Bandara IKN punya luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 ha. Dengan runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, bandara ini dapat di darati oleh pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380. 

Adapun konsep desain Terminal Bandara IKN akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan namun tetap modern, serta berorientasi alam dan ramah lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya