Uji Coba Makan Siang Gratis Ada di Pemerintahan Jokowi, Kemenko Perekonomian Ungkap Alasannya

Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso buka-bukaan alasan program makan siang gratis Prabowo-Gibran sudah dibahas di masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Program makan siang gratis ini juga sudah diujicobakan di SMPN Curug, Kabupaten Tangerang, Banten

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Susi mengatakakan, sudah dilakukannya simulasi atau uji coba makan siang gratis hari ini oleh Menteri Perekonomian, Airlangga Hartarto untuk mendukung program Pemerintahan selanjutnya. 

"Desain program itu kan pemerintahan baru, kita diminta menyiapkan, terus harus diantisipasi, disiapkan lah ya dalam postur APBN," ujar Susi di The Ritz Carlton, Jakarta, Kamis, 29 Februari 2024.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan simulasi makan siang gratis di SMPN 2 Curug.

Photo :
  • Istimewa

Susi menjelaskan, dalam mendukung program itu, kabinet Presiden Jokowi sudah mulai melakukan pembahasan dalam Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025, yang dibuat oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Bappenas.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

"Kemarin sudah ada KEM-PPKF, yang bikin Menkeu dan Bappenas. PP-nya bunyinya seperti apa. Menkeu dan Bappenas menyampaikan dulu ke Pak Menko, Pak Menko yang lapor ke Pak Presiden di sidang kabinet paripurna kemarin," jelasnya.

Susi menuturkan, Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas dalam penyusunan KEM PPKF harus mengantisipasi atau menyiapkan ruang untuk program pemerintahan mendatang di postur APBN.

"Dan siklusnya memang harus minggu ketiga Februari. Itu memang secara aturan," ujarnya.

Susi melanjutkan, untuk anggaran makan siang ini, Pemerintah akan mencari sumber anggaran itu. Salah satunya melalui realokasi anggaran. Dia mencontohkan, anggaran untuk subsidi dan kompensasi akan di-review mana yang tidak tepat sasaran.

"Ruangnya tetap masih ada, cuman kan harus kita siapkan posturnya dari awal. Tapi  mengenai angka awalnya, kan pembahasan masih panjang," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto melakukan simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Banten. Simulasi makan siang gratis ini dijatah Rp 15.000 per anak.

Adapun makan siang gratis diketahui merupakan program unggulan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Program ini juga nantinya akan dijatah Rp 15.000 per anak.

"Ini undangan makan gratis (bukan program Prabowo), kaya kantin bersih kan emang sekolah harus (menyediakan)," ujar Airlangga Kamis, 25 Februari 2024.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat simulasi makan siang gratis di SMPN 2 Curug.

Photo :
  • Istimewa

Airlangga mengatakan, program makan siang ini melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan gizi yang terjaga dan dijamin kebersihannya. 

"Dalam agenda pagi ini kamu melihat simulasi untuk makan dengan biaya Rp 15.000 ini salah satu sekolah yang volunteer menyiapkan makanan untuk anak-anak," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya