Kereta Cepat Whoosh Tambah 4 Jadwal Perjalanan, Waktu Tunggu Kini Cuma 40 Menit

Whoosh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Jakarta - PT KCIC kembali menambah jadwal operasional Whoosh hingga 44 perjalanan pada Maret 2024, guna mengakomodir terus meningkatnya jumlah penumpang kereta cepat relasi Jakarta-Bandung tersebut.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti merinci, sebanyak 40 perjalanan adalah perjalanan reguler dan 4 perjalanan tambahannya akan dioperasikan setiap hari Jumat, Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional dan cuti bersama.

"Dengan adanya penambahan perjalanan ini, headway perjalanan Whoosh menjadi rata-rata setiap 40 menit sekali, sehingga masyarakat memiliki fleksibilitas dalam memilih jadwal yang diinginkan," kata Emir dalam keterangannya, Jumat, 1 Maret 2024.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Kereta Cepat Whoosh (dok. KCIC)

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Saat ini KCIC sudah melayani 1,9 juta penumpang, sejak dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023. Pada bulan Februari, rata-rata harian volume penumpang Whoosh mengalami peningkatan 15 persen dibandingkan bulan Januari 2024.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

"Sementara untuk hari biasa (weekday) volume penumpang sekitar 15 ribu per hari, dan pada akhir pekan (weekend) bisa mencapai hingga 20 ribu per hari," ujarnya.

Emir menjelaskan, penambahan perjalanan ini merupakan hasil evaluasi, dengan melihat pola permintaan dan pergerakan penumpang selama Whoosh beroperasi. Karenanya, diharapkan penambahan perjalanan ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat, untuk melakukan pembelian tiket dan memilih jadwal perjalanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

"Dapat dilihat kalau saat ini Whoosh sudah jadi salah satu moda transportasi andalan masyarakat, terutama di akhir pekan. Jadi penambahan jadwal perjalanan ini diperlukan untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada seluruh pelanggan," ujarnya.

Sebagai informasi, tiket perjalanan Whoosh untuk bulan Maret 2024 juga sudah bisa dipesan melalui saluran resmi yang tersedia, antara lain yakni aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine, Loket resmi di stasiun, serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking. 

KCIC juga masih menerapkan skema Dynamic Pricing, yang menawarkan harga lebih hemat pada periode perjalanan tertentu. Beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan dynamic pricing di antaranya jam sibuk (peak hour) atau jam non sibuk (off peak hour), momen liburan (high season) atau non liburan (low season), atau hari kerja ataupun akhir pekan.

Whoosh

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Penumpang juga dapat memanfaatkan tiket perjalanan Whoosh untuk menikmati promo gratis atau diskon liburan ke 12 destinasi wisata, kuliner, dan penginapan terbaik yang ada di sekitar stasiun Whoosh.

Kedua belas destinasi wisata yang sudah bekerja sama dengan promo Free Entry diantaranya Dusun Bambu, Farmhouse, Floating Market, The Great Asia Afrika, Tepi Danau, Tepi Kota Healing, The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung, Dago Dream Park dan Papa Dino. Sementara ada juga sejumlah destinasi wisata kuliner yang menawarkan promo diskon hingga 20 persen menggunakan tiket Whoosh seperti Baker Street Resto cabang Cimandiri, beragam restoran The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung serta The Lodge Camp & Village dari Stasiun Bandung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya