Parade Kapal Hias-Yacht Mewah di Sabang Marine 2024 Pukau Wisatawan Asing

Parade kapal dan perahu hias di event Sabang Marine Festival 2024. VIVA/Dani Randi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

Sabang – Parade kapal hias yang berlangsung pada pembukaan Sabang Marine Festival 2024 menjadi daya tarik masyarakat yang datang bahkan wisatawan mancanegara. 

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Pantauan di lokasi, para wisatawan asing juga ikut mengabadikan momen saat penampilan atraksi budaya di panggung utama hingga mereka juga mencicipi makanan yang dijajakan di stand-stand kuliner.

Seorang wisatawan asal Amerika, Jourell mengaku atraksi budaya yang ditampilkan di SMF 2024 cukup unik. Apalagi adanya parade kapal hias dari nelayan setempat. 

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

“Ini parade kapal yang unik. Kita tahu Sabang punya panorama laut yang bagus tentu bisa jadi daya tarik di sini,” katanya di sela pembukaan SMF 2024 di taman merah putih, Sabang, Jumat, 1 Maret 2024.

Festival Sabang Marine 2023 usung culture bahari dan budaya di Pulau Weh.

Photo :
  • VIVA/Dani Randi (Banda Aceh)
Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Menurutnya Sabang juga memiliki perairan yang cukup baik apalagi posisinya cukup strategis dan berdekatan dengan Phuket, Thailand dan Langkawi, Malaysia. Sehingga memudahkan para wisatawan berkunjung.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi mengatakan SMF 2024 merupakan event kolaborasi yang tidak hanya menunjukkan keindahan pariwisata dan budaya tetapi juga untuk mendorong ekonomi masyarakat Sabang. 

Untuk itu, tahun ini Reza menargetkan perputaran uang lebih tinggi dengan menghadirkan lebih banyak pengunjung. Apalagi event ini akan berlangsung selama 3 hari. “Pada event Sabang Marine sebelumnya, perputaran uang sekitar Rp 1,9 miliar,” katanya. 

Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang, Marthunis mengatakan, SMF 2024 juga diramaikan dengan hadirnya kapal yacht dari berbagai negara, seperti Thailand, Amerika, Jerman hingga Malaysia. 

Kedatangan mereka diharapkan bisa ikut menikmati dan mempromosikan potensi wisata dan budaya di Pulau Weh. “Ada 8 yacht yang sudah datang dan ikut meramaikan SMF 2024,” katanya. 

Beragam atraksi budaya juga bakal ditampilkan seperti Lomba Pacu Jaloe & Eksibisi Perahu Naga, lomba mancing, Kejuaraan Renang Pesisir & Festival Jajanan Kongsi, Festival Geulayang Tunang, Khanduri Adat Meulaot dan Tiek Jeu, Launching Rumah Nemo serta coral & coastal clean up.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya