Resmikan Stasiun Lambuang, Erick Thohir: Bukittinggi Masih Butuh Investasi Infrastruktur

Menteri BUMN Erick Thohir resmikan kawasan kuliner Stasiun Lambuang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah (Padang)

Bukittinggi – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan sentra kuliner Stasiun Lambuang di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat pada Rabu, 6 Maret 2024. Sentra kuliner yang berdiri di atas lahan bekas stasiun Kereta Api Bukittinggi itu merupakan hasil relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) dan UMKM (Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah) oleh Pemerintah setempat.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

"Kawasan Kuliner Stasiun Lambuang ini merupakan bentuk kolaborasi antara Pemerintah kota Bukittinggi dengan BUMN," kata Erick Thohir, Rabu 6 Maret 2024.

[dok. Kementerian BUMN]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya
Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Diceritakan Erick, sebelum pembangunan kawasan kuliner Stasiun Lambuang ini terwujud, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar didampingi Anggota DPR RI Komisi VI dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade menemui dirinya.

Dalam pertemuan itu, Erman meminta Kementerian BUMN untuk mendukung percepatan pembangunan di kota Bukittinggi, salah satunya kuliner Stasiun Lambuang.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Erick menyinggung, pariwisata dan perekonomian di suatu daerah akan maju tergantung dari empat faktor kunci yakni, adanya dukungan panorama atau bentangan alam yang indah, budaya masyarakat lokal yang ramah, budaya makanan yang akan menjadi kekuatan tersendiri dan infrastruktur yang memadai.

"Pemandangan udara alam masih sejuk di sini, masyarakat ramah, kebudayaan juga hadir, budaya makanan ini menjadi kekuatan sendiri. Masakan Padang bisa berkibar di Mancanegara,"Ujar Erick.

Ia menyebut budaya di Sumatera Barat diterima baik secara global. Tinggal lagi pengembangan infrastruktur. Karena, tidak mungkin pariwisata Bukittinggi akan bertahan jika tidak didukung oleh infrastruktur yang baik. 

"Investasi ini yang dibutuhkan Bukittinggi untuk menjadi sentra Sumatera Barat. Kalau tidak, akan tertinggal dari Negara lain yang jumlah turisnya di atas Indonesia," kata Erick. 

Sementara itu, Andre Rosiade menyabut bahwa sentra Kuliner Stasiun Lambuang ini wujud dari suksesnya kolaborasi antara pemerintah daerah dengan DPR RI, pemerintah pusat dan pihak terkait lainnya.

"Kulinet Stasiun Lambuang ini diresmikan pak Erick berkat kolaborasi di mana, Wali Kota Bukittinggi ya, beliau punya penciuman tajam, melihat tanah KAI tidak dipakai. Nah, beliau punya konsep yang baik dengan menyulap kawasan yang dulunya semak belukar menjadi sentra kuliner terbesar,"tutup Andre.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya