Airlangga Bertemu Pengusaha Australia Bahas Investasi Kendaraan Listrik hingga IKN

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bertemu dengan para pelaku usaha Australia yang telah mempunyai komitmen berinvestasi di Indonesia. Komitmen ini mulai dari pengembangan bersama produksi baterai kendaraan listrik hingga dukungan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Airlangga mengatakan, selain kendaraan listik dan IKN, komitmen lainnya yakni, optimalisasi Indonesia–Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA), mendorong kerja sama pembangunan Carbon Capture and Storage (CCS), dan smelter orientasi energi hijau di Indonesia.

Dia mengungkapkan, dari pertemuan ini juga dibahas mengenai perkembangan proyek investasi yang disampaikan antara lain pembangunan rumah sakit pertama Aspen Medical yang sudah melakukan groundbreaking pada 20 Juni 2023 di Depok, Jawa Barat. 

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

"Rumah sakit itu ditargetkan akan beroperasi pada 2026, kemudian selanjutnya akan membangun rumah sakit kedua dan ketiga di Cikarang dan Karawang, Jawa Barat," ujar Arilangga dalam keterangannya, Rabu, 6 Maret 2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Aspen Medical di Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Selasa, 20 Juni 2023.

Photo :
  • VIVA/Galih Purnama
Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Airlangga menjelaskan, Aspen Medical berencana untuk membangun 23 rumah sakit (Kelas A dan B) dan 650 klinik dengan nilai US$1 miliar atau AUD1,5 miliar. 

"Aspen Medical saat ini sedang dalam proses finalisasi kerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk program magang tenaga kesehatan asal Indonesia di Australia," terangnya. 

Pada sektor pendidikan, Central Queensland University (CQU) menyampaikan telah menjajaki beberapa program kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia. Di antaranya yakni untuk penyelenggaraan pendidikan dan penelitian terkait sistem pertanian inovatif dan pusat riset tanaman herbal dan holtikultural. 

:Selain itu, CQU saat ini dalam proses pendirian kampus di Balikpapan dengan kampus tambahan di IKN," ujarnya.

Terkait kolaborasi pengembangan smelter berorientasi energi hijau di Indonesia, Nickel Industries bekerja sama dengan Tsingshan telah memulai pembangunan proyek excelsior nickel cobalt (ENC) high pressure acid leach (HPAL) di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). 

Proyek tersebut jelas dia, akan menjadi yang pertama secara global dalam memproduksi tiga produk nikel kelas satu untuk pasar kendaraan listrik dan baterainya yaitu mixed hydroxide precipitate (MHP), nickel sulphate, dan nickel cathode.

Proyek bernilai US$1,76 miliar itu diproyeksikan selesai dalam waktu kurang dari 24 bulan, dengan proyeksi kebutuhan pekerja sebanyak 3.500 orang. Di mana konstruksinya sudah dimulai pada Oktober 2023 dan diharapkan menghasilkan produksi nikel pertama pada paruh pertama 2025 nanti.

Pada kesempatan tersebut, Managing Director and CEO Carbon Aceh juga hadir menyampaikan perkembangan kerja sama pembangunan CCS. Lebih jauh, PT PEMA Aceh Carbon yang merupakan joint venture BUMD Pembangunan Aceh (PEMA) dan Carbon Aceh, saat ini sedang melakukan studi kelayakan untuk menentukan apakah reservoir gas raksasa Lapangan Arun dapat digunakan untuk penyimpanan CO2 yang perkiraan kapasitas penyimpanan akhir sekitar 1 miliar ton CO2.

Airlangga menyebut, proyek ini akan menjadi salah satu proyek CCS terbesar di kawasan ASEAN dan diharapkan dapat berkontribusi signifikan terhadap perekonomian Aceh. 

"Proyek ini diproyeksikan menciptakan lapangan kerja yang luas, meningkatkan pendapatan dan mendukung perkembangan industri terkait seperti produksi pupuk, hidrogen biru, dan produksi amonia," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya