Penumpang Whoosh Melonjak 20 Persen di Long Weekend Nyepi, KCIC Tambah 4 Perjalanan

[dok. PT KCIC]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - PT KCIC melaporkan lonjakan penumpang Kereta Cepat Whoosh hingga 20 persen, pada periode akhir pekan panjang (long weekend) cuti bersama Hari Raya Nyepi.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Manager Corporate Communication PT KCIC Emir Monti menyebut lonjakan penumpang itu sudah terlihat sejak Kamis, 7 Maret 2024, saat Whoosh memberangkatkan hingga sebanyak 18,5 ribu penumpang pada hari itu.

Sedangkan pada Jumat, 8 Maret 2024, total penumpang Whoosh bahkan mencapai hingga 20 ribu penumpang.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Kereta Cepat Whoosh (dok. KCIC)

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

"Jumlah penumpang meningkat sekitar 20 persen jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya, di mana KCIC melayani sebanyak 15-16 ribu penumpang," kata Emir dalam keterangannya, Sabtu, 9 Maret 2024.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Dia merinci, secara total, dalam waktu 3 hari jumlah penumlang Whoosh tercatat mencapai sekitar 55 ribu penumpang. Lonjakan penumpang ini terjadi karena adanya long weekend Hari Raya Nyepi dan cuti bersama, yang dimanfaatkan para penumpang untuk melakukan perjalanan Jakarta-Bandung atau sebaliknya.

"Tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan momen ini untuk bepergian dan berlibur dengan menggunakan Whoosh, sehingga KCIC melakukan penambahan perjalanan," ujar Emir.

Untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang, KCIC pun mengoperasikan 4 perjalanan KA tambahan sehingga dioperasikan total sebanyak 44 perjalanan Whoosh, pada periode libur panjang yang dimulai sejak Jumat, 8 Maret 2024 hingga Selasa, 12 Maret 2024.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Peluncuran dan Pembukaan

Photo :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Emir merinci, untuk keberangkatan Sabtu, 9 Maret 2024, tiket yang sudah terjual hingga Sabtu pagi berada di angka 16 ribu tiket. Angka ini akan terus bertambah, seiring dengan masih berlangsungnya proses penjualan tiket dan diperkirakan dapat mencapai 19 ribu penumpang.

"Beberapa jadwal perjalanan dari Jakarta menuju Bandung bahkan sudah hampir terjual habis. Jadwal yang menjadi favorit masyarakat adalah keberangkatan pagi hingga siang dari Halim dan sore hingga malam dari Tegalluar dan Padalarang," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya