Sederet Nama Konglomerat Tajir, Pemilik Hotel Mewah di Indonesia

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Indonesia memiliki beberapa orang terkaya yang juga terjun di dunia bisnis, termasuk memiliki perhotelan mewah. Seperti diketahui di Indonesia sendiri terdapat begitu banyak hotel mewah yang berdiri kokoh di setiap daerah.

Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu

Sederet hotel mewah tersebut tidak hanya menawarkan tempat penginapan yang nyaman, tapi juga menyuguhkan kemewahan dan keindahan yang tak tertandingi bagi para pengunjungnya.  Hal ini tentu saja tercermin dari pendapatan fantastis yang mereka raup dari bisnis properti mewah yang mereka miliki satu ini. Lantas, tahukah kalian siapa pemilik dari hotel mewah tersebut?

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui, jika pemilik hotel mewah itu adalah orang-orang konglomerat di Indonesia yang tajirnya gak ketolongan. Lantas, siapa saja mereka? Berikut ulasannya untuk Anda dilansir dari berbagai sumber;

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

Hartono Bersaudara

Kasus Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas di Dalam Hotel, Polisi Tangkap 2 Pria

Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono, dikenal sebagai orang terkaya yang ada di Indonesia. Seperti diketahui, mereka memiliki beberapa properti hotel mewah yang sayang untuk Anda lewati fasilitasnya.  Ini termasuk Hotel Indonesia Kempinski di Jakarta dan beberapa hotel di bawah naungan Padma Hotel.

Tan Kian

Konglomerat tajir melintir dengan aset properti mewah di kawasan SCBD (Sudirman Central Business District) ini merupakan pendiri dan pemilik imperium bisnis Dua Mutiara Group. Hotel mewah yang dimiliki yaitu Ritz Carlton dan JW Marriott Hotel.

Ilustrasi kamar hotel

Photo :
  • towerpark

Keluarga Ciputra

Pendiri Ciputra Group, meski sudah tiada, bisnis properti dan hotel mewahnya masih berjalan. Salah satu hotel bintang lima miliknya adalah Raffles Jakarta Hotel. Seperti kita ketahui bahwa Keluarga Ciputra merupakan pewaris kerajaan pengembang real estate Indonesia Ciputra, yang meninggal pada November 2019 pada usia 88 tahun. 

Ciputra adalah seorang arsitek terlatih, yang mendirikan grup Ciputra lebih dari tiga dekade lalu. Saat ini Ciputra Development merupakan salah satu perusahaan properti terbesar di tanah air dengan proyek di 71 kota. Dua putra dan dua putrinya, Rina, Junita, Candra dan Cakra, yang sudah lama berkecimpung di bisnis keluarga, kini menjalankan grup Ciputra.

Tjandienegara (Grup Mulia)

Keluarga Tjandienegara dikenal melalui Grup Mulia yang memiliki beberapa hotel mewah di Jakarta, seperti Hotel Mulia Senayan, Hotel Indonesia Jakarta, dan Keraton Jakarta.

William Katuari (Wings Group)

Pemilik The Apurva Kempinski Bali, hotel mewah yang pernah menjadi tempat penyelenggaraan KTT G20 2022. Melansir dari laman resmi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), pemilik hotel The Apurva Kempinski Bali ini adalah William Katuari yang juga merupakan Presiden Direktur Wings Group.

Pria dengan nama lengkap Eddy William Katuari ini memang dikenal sebagai taipan Indonesia. Diketahui bahwa William Katuari menjadi pimpinan Wings Group setelah ayahnya wafat pada tahun 2004.

Mochtar Riady & keluarga

Di urutan berikutnya ada nama Mochtar Riady. Mochtar Riady adalah pendiri grup Lippo yang beragam, sekarang dijalankan oleh putranya James dan Stephen Riady. Adapun dalam bidang perhotelan, konglomerat ini merupakan pemilik dari Aryaduta Hotels.

Aryaduta Hotels adalah grup hotel bintang lima di Indonesia dengan delapan hotel di seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, Manado, Makassar, dan Palembang.

Lahir di Jawa Timur, Mochtar Riady membuka toko sepeda pada usia 22 tahun dan membangun karir perbankan yang sukses hingga krisis keuangan Asia 1997. Saat ini minat grup Lippo meliputi real estat, ritel, perawatan kesehatan, media, dan pendidikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya