Presiden KSPSI Harap Kemandirian Organisasi Buruh Terbangun Lewat Koperasi

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea saat mengunjungi pimpinan Unit Kerja Kimia Energi Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK KEP SPSI) PT NOK Indonesia di Kawasan Industri MM2100, Bekasi, Jawa Barat
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea melakukan kunjungan kerja ke Pimpinan Unit Kerja Kimia Energi Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK KEP SPSI) PT NOK Indonesia di Kawasan Industri MM2100, Bekasi, Jawa Barat.

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

Andi Gani didampingi Ketua Umum PP KEP KSPSI R. Abdulah beserta jajaran DPC KSPSI Bekasi.

Andi Gani mengungkapkan, PUK KEP KSPSI PT NOK Indonesia telah berhasil menerapkan kemandirian buruh dengan memiliki koperasi yang punya total aset Rp 28 miliar. Selain koperasi, kata Andi Gani, PUK KEP SPSI PT NOK Indonesia memiliki program bantuan sosial terhadap anggota dan juga masyarakat. 

42 Pimpinan Buruh Asia Pasifik Kumpul di Jakarta, Ini yang Dibahas

"Kelembagaan ekonomi seperti koperasi yang dibangun ini diharapkan menjadi kekuatan organisasi buruh yang mandiri dan tangguh," katanya dikutip Kamis, 14 Maret 2024.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea.

Photo :
  • Istimewa
Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Kedatangan Andi Gani pun disambut Presiden Direktur PT NOK Indonesia Masaji Sakamoto beserta jajaran manajemen. Selain itu, juga Ketua PUK KEP KSPSI PT NOK Indonesia Edy Supriyanto, Sekretaris Hermawan dan jajaran pengurus PUK KEP KSPSI PT NOK Indonesia.

Dalam kunjungannya, Andi Gani yang juga Presiden Asean Trade Union Council (ATUC) ini sekaligus menyerahkan piagam penghargaan kepada PUK SPSI terbaik di seluruh Indonesia yaitu, PUK KEP SPSI PT NOK Indonesia. 

Andi Gani mengaku bangga atas pencapaian dan kinerja luar biasa dari seluruh anggota PUK KEP SPSI PT NOK tersebut.  Sebagai bentuk penghargaan kepada PUK KEP SPSI PT NOK, Andi Gani juga menyerahkan hadiah berupa laptop untuk menunjang kinerja operasional. 

Ia berharap PUK lainnya bisa mencontoh apa yang sudah dilakukan PUK KEP SPSI PT NOK Indonesia. Karena, dengan mandiri secara ekonomi, buruh bisa hidup tanpa menggantungkan diri pada siapapun. 

Presiden Direktur PT NOK Indonesia Masaji Sakamoto mengaku, dirinya juga pernah menjadi pengurus serikat pekerja saat masih tinggal di Jepang.  Untuk itu, Masaji sangat mengerti dan memahami hubungan industrial yang baik serta harmonis antara buruh dengan pengusaha.

"Hubungan industrial yang harmonis dapat mendukung suasana kerja yang kondusif, di mana semua pihak bekerja bersama-sama membangun kemitraan," ucapnya. 

Sementara, Ketua PUK KEP SPSI PT NOK Indonesia Edy Supriyanto mengaku sangat gembira dengan kehadiran Presiden KSPSI Andi Gani. Menurutnya, arahan dari Presiden KSPSI membuat seluruh anggota termotivasi dalam menuntaskan program kerja ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya